SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

Sosialisasi Disabilitas

By Admin on Mar 06, 2019 with 0 Commnets

cermeWarga negara Indonesia berkebutuhan khusus atau disabilitas menjadi salah satu segmen yang disasar KPU Kabupaten Gresik dalam menyosialisasikan Pemilu Serentak Tahun 2019. Setelah berkunjung di SLB Bhayangkara Kebomas, Tim juga berkunjung ke SLB Cerme. Nampak mereka antusias mendengarkan paparan dari Elvita Yuliati, Anggota KPU Gresik.

“Meskipun adik-adik ini termasuk kelompok berkebutuhan khusus, tetap mempunyai hak untuk memilih pada hari Rabu tanggal 17 April 2019.  Asal sudah memenuhi syarat sebagai pemilih,” ujar Elvita, Rabu (6/05/2019).

Ia menjelaskan, umur 17 tahun adalah syarat yang tidak bisa ditawar. Atau jika belum berumur 17 tahun tetapi sudah kawin sudah diperbolehkan mencoblos. Kemudian supaya dicek apakah namanya telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

cerme 2Para siswa dan guru yang berjumlah sekitar 100 orang itu, nampaknya lebih tertarik penjelasan pindah memilih. “Bu, apakah saya bisa mencoblos di Solo, soalnya sekalian mau pulang kampung,” tanya Endang (45), warga Cerme.

Dijawab oleh Elvita, pemilih dapat menyalurkan aspirasinya dimanapun, asal sebelumnya sudah mengurus pindah memilih di PPS atau KPU setempat. Hanya saja, pindah memilih sebaiknya dipikirkan dulu matang-matang karena nantinya surat suara yang diterima tidak lagi 5 jenis yaitu capres/cawapres, caleg DPRRI, Caleg DPRD Provinsi, Caleg DPRD dan DPD.

“Bisa jadi hanya 4 jenis surat suara atau bahkan 1 saja, tergantung pindah memilih kemana. Kalau masih dalam 1 daerah pemilihan (dapil), maka masih mendapatkan surat suaranya. Tapi misal kita ingin memilih di Surabaya, karena ada tugas atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, kita hanya mendapat 3 surat suara. Yaitu Capres/cawapres, DPRI RI dan DPD. Karena Surabaya tidak sedapil dengan Gresik, maka tidak mendapat surat suaranya,” paparnya.

Selain segmen disabilitas, KPU juga menyasar segmen lain diantaranya kaum marjinal, segmen perempuan, segmen pemilih pemula, segmen keagamaan  dan komunitas-komunitas yang ada.(adm/vet)