SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

KPU Gresik Laksanakan Rakor Kampanye

By Admin on Jul 25, 2019 with 0 Commnets

kpud-gresikkab.go.id – KPU Kabupaten Gresik adakan Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019. Rapat diselenggarakan untuk mengevaluasi pelaksanaan kampanye yang difasilitasi KPU. Acara dilaksanakan di Ruang Rapat kantor KPU Kabupaten Gresik, (24/7/2019). Turut hadir dalam acara tersebut pimpinan partai politik, Dinas Perizinan, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP, Badan Penanaman Modal dan PTSP, BPPKAD, Kesbangpol, Polres, serta Dandim. Ada juga dari LSM yakni KIPP dan KPPI.

Rapat dibuka Ketua KPU Ahmad Roni menyatakan acara kali menindaklanjuti surat dari KPU RI No. 1000 untuk melaksanakan evaluasi fasilitasi kampanye dalam Pemilihan Umum tahun 2019. “Evaluasi ini diharapkan untuk memperbaiki kinerja kita selaku penyelenggara dan juga untuk peserta di Pemilihan Kepala Daerah tahun depan, terutama terkait pemasangan APK yang harus mempertimbangkan estetika dan tata kelola kota.

Sholahuddin perwakilan dr wartawan menyatakan pentingnya KPU mengedukasi masyarakat bagaimana menjadi pemilih yg rasional dan tidak semata mata pertimbangan uang, karena demokrasi kita akan hancur jika mental pemilih kita tidak segera dibenahi.

Dialog berjalan gayeng sampai acara ditutup. (kpugres/fian/mun)

penetapan calegKPU Gresik laksanakan rapat pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Pemilu tahun 2019 di Hotel @Hom Premiere GKB (20/7/2019). Agenda ini diselenggarakan atas instruksi  KPU RI melalui surat yang dilayangkan tertanggal 17 Juli 2019 dan tetap berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum.

Rapat Pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Gresik, Bawaslu, saksi partai politik, serta Ketua dari masing-masing partai politik. Dalam kegiatan tersebut, KPU Gresik menghitung dan menetapkan perolehan kursi partai politik anggota DPRD Kabupaten Gresik setiap Daerah Pemilihan, menetapkan peringkat calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Gresik, dan menetapkan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Gresik.

Hasilnya, delapan partai politik ditetapkan meduduki kursi DPRD Kabupaten Gresik. PKB menduduki posisi pertama dengan perolehan 13 kursi, disusul partai Gerindra dan Golkar masing-masing sebanyak 8 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, partai NasDem 5 kursi, partai Demokrat, 4 kursi, PBB dan PAN masing-masing sebanyak 3 kursi. Sementara perolehan suara terbanyak diraih oleh saudara Fandi Akhmad Yani yang merupakan caleg dari PKB Daerah Pemilihan Gresik 2 dengan total suara sah 18.023. Disusul peringkat kedua, dr. H. Asluchul Alif, M.Kes. dari partai Gerindra Daerah Pemilihan Gresik 8 sebanyak 14.108 suara sah, dan peringkat ketiga, H. Mochammad dari PKB Daerah Pemilihan Gresik 2 sebanyak 11.736 suara sah.

penetapan caleg1penetapan caleg1“Setelah ini, akan kami serahkan hasilnya ke KPU Provinsi dan diupload di Situng.” Ungkap Ahmad Roni. Dia juga bersyukur acara berlangsung lancar dan tidak ada permasalahan atau perselisihan mengenai hasil perolehan suara partai maupun caleg.

Kemudian acara diakhiri dengan penyerahan Berita Acara Model E dan Surat Keputusan tentang Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih ke masing-masing partai politik. (kpugres/fian/mun)

rakor ketua madiunMADIUN - Pemerintahan Provinsi Jawa Timur mengadakan Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota pada tahun 2020 dengan mengundang elemen terkait di 19 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pemilihan.

Kepala Bakorwil I Madiun, Dr. Gatot Gunarso, mewakili Plt Asisten I Sekdaprov, Himawan Estu Bagijo dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa kegiatan Pemilihan 2020 harus berjalan dengan baik, aman, lancar dan dan damai. Selain itu ongkos sosial efek pilkada (pemilihan_red) dapat ditekan seminimal mungkin.

“Untuk itu, bahu membahu antar unsur yang berkepentingan dalam pelaksanaan pemilihan, diantaranya Pemerintah, KPU, TNI/Polri, Partai Politik dan tokoh masyarakat sangat diharapkan dapat bersinergi dengan baik,” tegas Gatot Gunarso, Kamis (18/07/2019).

Sementara narasumber penyaji pada acara yang bertema Mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang Luber, Jurdil, Nertal , Aman dan Lancar ini, antara lain Komisi Aparat Sipil Negara (ASN), Direktur Fasiltasi KDH dan DPRD Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Ketua KPU Jatim dan Ketua Bawaslu Jatim. 

Sosialisasi rekaligus rapat kordinasi ini dihadiri oleh ketua KPU, ketua Bawaslu, Kepala Bakesbangpol, Kepala Dinas Satpol PP, Kepala BKD, Kabag Pemerintahan Kapolres dan Kodim seluruh Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur yang menyelenggarakan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Tahun 2020.

Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni yang juga mengikuti acara  selama 2 hari, 18 – 19 Juli 2019 di Aston Hotel and Conference-Madiun ini menyatakan kesiapannya dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati 2020.

“Insha Allah, KPU Kabupaten Gresik siap menyelenggarakan Pemilihan sesuai prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu diantaranya akan berlaku jujur, adil, terbuka, berkepastian hukum dan profesional,” jelas Roni. (kpugres/ron/vet)

rakor kediriKomisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi "Penyusunan Perencanaan Program dan Anggaran Pilkada Serentak bagi Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung di Bukit Daun Hotel Kabupaten Kediri ini (16-18/7/2019) sengaja diselenggarakan KPU Jatim bagi 19 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada pada tahun 2020.

Peserta yang dihadirkan pada acara kali ini adalah Seluruh Komisioner, Sekretaris dan Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten / Kota se-Jatim.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam dalam sambutannya mengatakan acara ini sangat strategis guna kesuksesan pelaksanaan Pilkada tahun depan,  dia berharap pada seluruh peserta rapat untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama, "Perencanaan yg baik merupakan langkah awal kesuksesan pilkada, karena gagal dalam perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan," tegas Anam dalam sambutannya.

Seperti diketahui, Kabupaten Gresik saat ini sedang membuat perencanaan program dan anggaran untuk kebutuhan Pilkada 2020. Kegiatan Rakor ini merupakan bagian dari koordinasi terkait persiapan Pilkada tersebut. (Kpugres/mun)