Lima komisioner KPU Kab. Gresik berjibaku dengan lembaran jawaban soal para peserta tes tulis calon PPK. Semua lembaran jawaban termasuk dari Bawean dinilai secara bersamaan. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 – 15.00 itu akhirnya tuntas.  Selanjutnya hasil penilaian diserahkan kepada sekretariat KPU Kab. Gresik untuk diumumkan lewat web site milik KPU Kab. Gresik.

“Kami rangking berdasarkan nilai tes tulis mereka, tetapi pada pengumuman nama-nama yang lolos maju ke jenjang wawancara berdasarkan abjad,” jelas Roni, ketua KPU Kab. Gresik, Senin (4/5/2019). 

Sebenarnya dari setiap kecamatan, disaring menjadi 10 orang untuk mengikuti tahap wawancara. Tetapi ada beberapa kecamatan yang pendaftar tidak sampai 10 orang. Sehingga mereka langsung lolos.

Pada tahap ini, kelolosan masih difokuskan pada nilai tes tulis peserta. Terkait ada peserta yang sudah menjabat 2 kali periode PPK dan nilainya bagus, ia masih bisa lolos ke tahapan wawancara. Karena dalam peraturan KPU no 3/2015, klarifikasi rekap jejak ada pada saat wawancara.

Tes wawancara akan dilakukan pada hari Rabu hingga Jumat tanggal 6 – 8 Mei 2015 di kantor KPU Kabupaten Gresik.[] (kpugres/vet)