KPU Mulai Laksanakan Bimtek PPDP

By Admin on Jul 25, 2015 with 0 Commnets

Bimbangan Teknis (Bimtek) terkait persiapan Coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih dalam Pilkada Kabupaten Gresik, telah dimulai. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggelarnya di wilayah masing-masing, seperti di Kecamatan Kebomas, pada Senin malam (13/7). Dari pantauan, semua Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dikumpulkan di pendapa kantor kecamatan untuk mengikuti bimbingan teknis terkait coklit data pemilih.

Komisioner KPU Kabupaten Gresik, Divisi Teknis Penyelenggara dan Data, Abdullah Sidiq Notonegoro mengatakan, dalam pengerjaan coklit data pemilih dibutuhkan keseriusan, bukan sekadar asal-asalan. "Pengerjaan ini tidak bisa dikerjakan dari rumah. Tapi harus datang dari rumah ke rumah," katanya, saat memberikan materi bimtek coklit data pemilih di kecamatan Kebomas, malam itu.

Ia pun menegaskan, "PPDP harus langsung mendatangi rumah warga agar bisa melakukan pencocokan dan penelitian. Secara umum kegiatan yang bisa dilakukan oleh petugas coklit antara lai: memperbaiki data pemilih dalam DP4 (data penduduk pemilih potensial pemilu) yang tidak akurat. Kemudian melengkapi data pemilih yang tidak lengkap, seperti nama, alamat maupun tanggal lahir. Mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti TNI/ POLRI, meninggal dunia, pindah domisili dll. PPDP juga harus mendaftar pemilih baru, yaitu pemilih yang sudah berumur 17 tahun setidaknya pada tanggal 9 Desember 2015, penduduk yang baru pindah ke wilayah tersebut, atapun anggota TNI/ POLRI yang sudah pensiun pada sebelum atau sampai tanggal 9 Desember 2015, dan sebagainyal.

Jika ditemukan kesalahan data, maka PPDP harus memperbaikinya sebelum ditetapkan menjadi DPS (daftar pemilih sementara). PPDP juga harus memastikan bahwa pemilih adalah warga setempat. Itu bisa dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK), atau identitas lain. PPDP pun harus mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat di DP4. Katanya, mereka harus memperbaruhi data pemilih. Salah satunya dengan cara mengklasifikasi para pemilih, apakah yang bersangkutan (pemilih) masih bisa menggunakan hak suaranya atau tidak.

Karena begitu pentingnya Coklit ini, jika pemilik rumah tidak sedang berada di tempat pada saat Coklit maka harus didatangi kembali lain waktu sebelum masa Coklit berakhir. "Nanti petugas akan dibekali stiker coklit yang harus ditempel di masing-masing rumah pemilih, sebagai tanda penghuni rumah tersebut telah di-Coklit oleh PPDp," pungkas Siddiq mengakhir penyataannya. (nul/ risk)