Sambel Ulek Rekatkan Persaudaraan

By Admin on Aug 22, 2016 with 0 Commnets

Banyak cara untuk merekatkan persaudaraan dan kekompakan. Diantaranya lomba membuat sambal ulek. Acara ini dilakukan dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71. Jika pegawai laki-laki lomba meracik wedang kopi, sedangkan yang perempuan lomba membuat sambel ulek.

Untuk lomba ini, panitia yang dimotori Suyono, Kasubag Teknis, sudah menyiapkan bahan-bahan yang ada. Yaitu Lombok Besar dan kecil, gula, garam, terasi hingga jeruk limau. Sedangkan para peserta yang hanya 5 orang itu hanya diminta membawa cobek dan ulekan saja. Untuk komposisi bahan, peserta diperbolehkan untuk berkreasi. Termasuk bahan apa saja yang digunakan.

Terlihat, para peserta yakni Elvita, Titin, Riris Khotimah dan Sandra mencoba memadukan bahan-bahan yang ada. Antara satu  peserta dengan yang lain berbeda dalam menakar bahan. Riris  mengambil Lombok kecil dengan lombok besar seimbang. Sedangkan Sandra Lombok besarnyaa lebih banyak dan tidak lupa jeruk limaunya.

“Kalau saya mengambil bahan-bahannya dalam jumlah seimbang semua, yang penting terasinya jangan terlalu sedikit, karena itu yang membuat rasa sambel mantab, “ kata Titin, sambil mengulek sambelnya, Senin (22 Agustus 2016).

Begitu juga dengan Elvita, perempuan yang jarang membuat sambel itu berusaha mengimbangi rasa sambel dengan bawang putih goreng agar lebih sedap. Lain lagi dengan Khotimah, sambelnya ditambahi gula agak banyak agar rasanya seperti sambel khas Jawa Tengah.

Alhasil, juara meracik dan membuat sambel disabet oleh Sandra. Sambelnya yang berasa segar karena ulekan jeruk limau membuat kaum adam sebagai jurinya terpikat. Sehingga nilainya paling tinggi. “Rasa sambelnya cocok di lidah para juri. Pedasnya juga pas,” kata ketua juri, Suyono.

Semua sambel menjadi sajian makan siang untuk semua penghuni KPU Gresik. Beberapa diantara mereka, ada yang membawa nasi, gorengan ikan hingga sop sayur untuk disantap bersama. Dengan sambel hasil ulekan bersama itu membuat suasana persaudaraan lebih sangat terasa. (kpugres/vet)