Raden Paku, RPP KPU Gresik

By Admin on Feb 16, 2017 with 0 Commnets

Nama Raden Paku, barangkali yang paham hanya sebagian masyarakat Gresik dan sebagian umat Islam pada umumnya. Tetapi Tokoh Sunan Giri, nyaris warga muslim tahu siapa beliau. Sebab Sunan Giri adalah salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan dakwah Islam di Pulau Jawa.

Raden Paku adalah nama Sunan Giri saat masih bayi. Waktu itu Raden Paku dilarung oleh kakeknya, Raja Blambangan Prabu Menak Sembuyu. Konon Prabu Menak kesal dengan ayah Raden Paku, Maulana Ishaq, yang sudah berhasil mengIslamkan keluarga kerajaan dan rakyat Blambangan.

Ketika dilarung itu, Raden Paku ditemukan Saudagar perempuan dari Gresik, Nyai Ageng Pinatih dan diasuh dijadikan anak angkat. Raden Paku inilah kelak menjadi Pemimpin Gresik pertama kali yang bergelar Prabu Satmoto, dan kerajaannya, Giri Kedaton sampai sekarang masih kokoh berdiri di Desa Sidomukti Kawasan Perbukitan Nggiri Kecamatan Kebomas.

“Karena Sunan Giri tidak lepas dari sejarah Gresik dan salah satu tokoh penyebar Islam, maka kami sepakat untuk memberi nama Rumah Pintar Pemilu (RPP) memakai nama beliau. Sedangkan Raden Paku, selain itu nama lain dari Sunan Giri, Paku adalah salah satu alat untuk memberikan hak suara saat di dalam bilik suara,” jelas Ahmad Roni, Ketua KPU Gresik, Selasa (22/2/2017) 

Harapan KPU Gresik, tambah Roni, fungsi dari RPP adalah sama dengan tugas Raden Paku untuk menyebarkan ajaran Islam. Sedangkan RPP adalah salah sarana untuk meyebarkan informasi terkait kepemiluan dan demokrasi. (kpugres/vet)