Parpol Diminta Segera Ajukan Banpol

By Admin on Mar 16, 2017 with 0 Commnets

Partai politik di Kabupaten Gresik diminta untuk mempersiapkan diri dalam pengajuan proposal bantuan politik (Banpol) Tahun 2017. Hal ini disampaikan Kasi Hubungan Antar Lembaga Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Puji Astutik, pada Rapat Verifikasi dan Pembinaan Administrasi Partai tahun 2017 di Kantor Kesbangpol Gresik, Kamis (16/3/2017).

Hadir dalam rapat ini, Ketua KPU Gresik, Wakil dari Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah dan Partai yang mendapatkan kursi di DPRD yaitu Partai Golkar, PPP, Partai Gerindra, PDIP, Partai Demokrat, PAN, dan Partai NasDem. Sedangkan PKB tidak terlihat hadir. Puji Astutik mewakili Kepala Kantor Kesbangpol mengatakan agar parpol segera mengajukan proposal sesuai perundang-undangan. “Hanya saja, proposal yang diajukan itu tidak bisa langsung cair, tetapi menunggu hasil audit laporan Bantuan Politik tahun 2016 keluar,” ujar Puji.

IMG-20170316-WA0030 (1)

Sementara Ketua KPU Gresik, Achmad  Roni mengatakan bahwa terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, dimungkinkan tahapan sudah berjalan di akhir tahun 2017. Tahapan diawali dengan verifikasi partai politik. Untuk verifikasi KPU akan menerapkan unsur transparansi dan akuntabel. “Nantinya dalam memverifikasi partai politik, KPU akan menerapkan aplikasi Sistim Informasi Partai Politik (sipol). Sistim ini sudah disosialisasikan oleh KPU RI kepada DPP Partai Politik lalu.  Mulai sekarang untuk keanggotaan partai, kami mohon segera dipersiapkan dengan baik”  himbaunya.

Sedangkan terkait persyaratan pemenuhan bantuan politik yang membutuhkan surat keterangan perolehan suara dari KPU, sepanjang Partai Politik mengajukan secara resmi maka pada hari itu juga surat keterangan tersebut bisa diperoleh. Sementara, untuk mendapatkan informasi dari KPU Gresik, para wakil dari parpol ini minta agar website KPU selalu terupdate dengan informasi terbaru, sehingga masyarakat terutama partai politik dapat mengikuti perkembangan kepemiluan dengan kontinyu. 

“Kami mohon KPU Gresik dapat terus mengupdate informasi terbaru lewat website-nya, karena itu merupakan salah akses untuk menggali informasi dari KPU Gresik, “ kata Endi dari PAN. Sedangkan Imam dari PDIP menambahkan agar laporan hasil audit BPK jangan disampaikan ke fraksi tetapi langsung diserahkan ke DPC partai masing-masing. “Jika perlu penyampaian hasil audit BPK disampaikan dengan mengundang pimpinan partai politik seperti rapat kali ini, “ pintanya. (vet/kpugres)