Usai Dilantik, PPK Langsung Bimtek

By Admin on Nov 23, 2017 with 0 Commnets

Usai Pelantikan PPK untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018, KPU Gresik langsung menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Pesonna, Jalan Panglima Sudirman Gresik. Bimtek ini sekaligus pembekalan awal untuk PPK dalam persiapan melaksanakan tahapan Pilgub 2018. Sebagai nara sumber, 5 komisioner KPU Gresik dan sekretaris untuk memberikan pengantar sekaligus sedikit pengarahan agar PPK terpilih mempunyai bekal. Sebab sebagian besar anggota PPK terpilih adalah wajah baru, dalam arti mereka belum pernah masuk dalam penyelenggara pemilu/pemilihan.

“Kami berharap PPK terpilih segera beradaptasi dan mempelajari undang-undang terkait pemiihan dan peraturan (KPU). Terutama PPK yang baru.  Sedangkan PPK lama yang terpilih kembali  juga harus mempelajari lagi, karena ada beberapa aturan yang berbeda dengan pemilihan sebelumnya,” kata Ahmad Roni, mengawali pembekalan.

Ia menambahkan, sebagai penyelenggara pemilihan dan pemilu, wajib memahami prinsip-prinsip integritas. Antara lain jujur dalam arti menyampaikan seluruh informasi sesuai fakta, mandiri yaitu bebas dan menolak campur tangan/pengaruh siapapun. Kemudian adil yang berarti menempatkan sesuai hak dan kewajiban dan memberikan perlakuan yang setara serta akuntabel dalam melaksanakan seluruh tugas dengan penuh tanggung jawab.

Pada sesi selanjutnya secara bergantian, Komisioner KPU Kabupaten Malang juga sampaikan paparan materinya. Ketua KPU dan Divisi SDM dan Parmas Santoko menyampaikan tema Sosialisasi Pemilihan, Pendidikan Pemilih dan Parmas, Taufik Divisi Keuangan, Umum dan Logistik menyampaikan tata kelola logistik Pemilihan dan Divisi Perencanaan dan Data Sofi Rahma Dewi yang menyampaikan materi seputar tata kelola data dalam Pemilihan (kpugres/vet)