Wawancara PPS, Jemput Bola

By Admin on Nov 07, 2017 with 0 Commnets

Selama 3 hari secara maraton KPU Kabupaten Gresik melaksanakan tes wawancara untuk calon PPS Se-Kabupaten Gresik. Untuk Gresik daratan sejumlah 16 Kecamatan dilaksanakan pada tanggal  6, 7 dan 8 November 2017. Mereka adalah pendaftar yang lolos tes tertulis, yang sudah dilakukan sebelumnya dengan mekanisme pelaksanaan di masing-masing kecamatan.

Mekamisme pelaksanaan tes wawancara, yaitu staf sekretariat memanggil semua calon PPS per desa. Ada yang berjumlah 3 orang tetapi ada juga yang berjumlah 9 orang. Mereka berhadapan dengan salah seorang komisioner untuk diajak berdialog secara bergantian. 

Menurut Makmun, Divisi SDM dan Parmas, wawancara dilakukan dengan menjemput bola, mengingat jumlah calon PPS ribuan orang, sehingga untuk mengefisiensikan dan mengefektifkan waktu yang ada, KPU harus turun ke kecamatan untuk  melakukan tes wawancara.

“Tidak akan cukup waktu jika mereka yang hadir bersamaan dan tesnya harus person to person. Sehingga dengan wawancara berbarengan per desa, dirasa akan efektif dan efesien. Kami akan menilai dari cara dia menjawab dan berkomunikasi, ” jelas Makmun

Sementara materi wawancara lebih kepada kearifan lokal dan kondisional. Diantaranya terkait motivasi dan tujuan ingin menjadi PPS, integritas dan menilai apakah pekerjaan nanti akan menghambat dalam bertugas dan yang lain. Selain itu juga tentang pengetahuan terkait kepemiluan. (kpugres/vet)