Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik menggelar rapat kerja dan simulasi penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Gresik pada Pemilu 2019 mendatang, Selasa (19/12) kemarin.

DSC_0973Dalam kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan KSB 17 partai politik, perwakilan mahasiswa se-Kabupaten Gresik, Perwakilan ormas, Ketua PKK se-Kabupaten Gresik, Ketua-ketuaFraksi, serta pimpinan DPRD Kapupaten Gresik. Raker yang diadakan di Hotel Pesona Gresik pada jam 09.00 dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni, S.Si.

Dalam sambutannya, Roni mengatakan bahwa ada beberapa perubahan dalam Pemilu 2019 nanti, Berdasarkan undang–undang No 7 Tahun  2017 tentang Pemilihan Umum . bahwa dalam penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi Pemilu Tahun  2019  ada 7 prinsip yaitu Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, Berada dalam cakupan wilayah yang sama, Kohesivitas, dan Kesinambungan.

Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh Muhammad Arbayanto, Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum JawaTimur (KPU Jatim). (T-MS)