Pembekalan Tim Verifikator Lapangan

By Admin on Dec 15, 2017 with 0 Commnets

Verifikasi Faktual (Verfak) adalah kegiatan yang penting dalam meneliti dan mencocokan terhadap kebenaran objek di lapangan dengan dokumen persyaratan Partai Politik menjadi Peserta Pemilu. Sehingga pembekalan para verifikatornya dianggap sangat perlu.

Semua staf dan jajaran sekretariat KPU Gresik mendapatkan pembekalan sebelum ke lapangan dalam kegiatan verfak parpol  politik peserta pemilu tahun 2019. Sebagai nara sumber, anggota KPU Divisi Hukum, Chairuz Zimam menjelaskan tujuan dari Bimtek Verfak tersebut dan persiapan apa saja yang harus dimiliki para verifikator lapangan.

Menurut Chairuz Zimam, Anggota KPU Gresik Divisi Hukum, menjadi sangat penting agar para verifikator memahami bagaimana cara dan sikap dalam melakukan verifikasi faktual. Mengingat berbagai kendala akan dialami di lapangan

Zimam menjelaskan tujuan verifikasi faktual agar partai dianggap sah sesuai dengan Perundang-undangan yang berlaku. Terkait Verifikasi faktual tersebut, KPU juga mengacu pada Peraturan KPU no. 11 tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum anggota DPR dan DPRD

“Verifikasi Faktual sebagaimana dimaksud, untuk membuktikan keabsahan dan kebenaran persyaratan Parpol diantaranya meliputi jumlah dan susunan kepengurusan Parpol di tingkat kabupaten, pemenuhan 30% keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol, domisili kantor dan keanggotaan partai politik paling sedikit 1.000 orang,” jelas Zimam (kpugres/Nia/v)