SMAMIO Ramaikan RPP Raden Paku

By Admin on Feb 22, 2018 with 0 Commnets

RPP SMAMIO

Siswa-siswi SMA Muhammadiyah 10 (SMAMIO) GKB Gresik mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) milik KPU Kabupaten Gresik. Mereka adalah murid kelas X dan XI yang berjumlah hampir 200 orang. Dengan didampingi Kepala Sekolahnya, Siswanto dan sejumlah staf guru, Keluarga Besar SMAIO ini diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Gresik didampingi Kepala Sub. Bagian Teknis Pemilu dan HupMas, Selasa (22/02/2018). Suwanto dalam sambutannya mengatakan, tujuan kedatangan mereka ke KPU Kabupaten Gresik, untuk mengkaji lebih jauh tentang kepemiluan dan semua hal yang terkait dengan pemilihan umum, untuk membekali siswa-siswi dengan ilmu yang didapat langsung dari KPU.

“Sebentar lagi para siswa siswi kami menjadi pemilih pemula, sehingga pembekalan terkait kepemiluan dan pendidikan politik yang benar harus diperoleh. Melalui KPU Gresik, kami berharap para siswa dapat menyerap tambahan ilmu tersebut,” ujar Siswanto.

Anggota KPU Kabupaten Gresik, Divisi SDM dan Parmas, Makmun, menyambut positif tujuan dan kedatangan keluarga besar SMAMIO. Karena mensosialisasikan terkait kepemiluan sudah menjadi kewajiban KPU, termasuk terhadap pemilih pemula. Salah satu media sosialisasi dan pembelajaran terkait kepemiluan dan demokrasi adalah di RPP.

“RPP merupakan salah satu sarana yang dimiliki oleh KPU untuk memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat, dimana didalamnya tersaji berbagai data, informasi dan pengetahuan tentang kepemiluan,” ujar Makmun,

Dalam sesi sosialisasi tersebut, Makmun menguraikan pentingnya pemilu, syarat menjadi pemilih, keterwakilan perempuan dan waktu pemungutan suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. Dan yang paling penting adalah bagaimana menjadi pemilih yang cerdas.

Meskipun suasana agak gerah karena terik matahari dan mereka duduk lesehan di halaman belakang kantor KPU, tetapi antusias siswa dalam berdialog patut diacungi jempol. Banyak  pertanyaan dari para siswa, mulai dari isu money politic, kader partai politik yang pindah partai hingga bagaimana menjadi tim sukses. Semuanya dijawab oleh Makmun dengan lugas.

Setelah selesai, secara bergantian para siswa masuk ruangan RPP melihat miniatur kepemiluan hingga menonton video visualisasi di screen LCD. Namun sebelumnya dilakukan sesi foto bersama dan peberian cindera mata. (kpugres/hajar/v)