foto skripsi

Qurotul Fitriyani, salah satu mahasiswi jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Surabaya (UNESA), mengambil tema Rumah Pintar Pemilu Raden Paku milik KPU Gresik. Materi yang diinventarisasi terkait keberadaan RPP, tujuan didirikan, hingga apa yang disajikan di dalam RPP. Untuk melengkapi materi yang sudah terinventarisasi, Qurotul melakukan wawancara dengan Makmun, Anggota KPU Divisi SDM dan Parmas, Divisi yang membidangi. Mereka wawancara dan berdialog terkait RPP. “Saya mengapresiasi inisiatif Qurotul Fitriyah dalam menyelesaikan skripsi pada tugas akhir studinya mengambil tema Rumah Pintar Pemilu (RPP) Raden Paku,” jelas Makmun.

Dalam wawancaranya, Makmun menjelaskan, terkait asal usul pendirian RPP Raden Paku.  Sejarah pemilu dari tahun 1995 hingga 2014, kemudian aktifitas edukasi terhadap masyarakat, dan simulasi coblos. “Semua yang saya jelaskan sudah tersaji di ruang RPP, wawancara ini untuk lebih menegaskan dan menambahkan gambaran materi sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat, pemilih pemula dan disabilitas,” urai Makmun.

Ia juga tidak lupa menjelaskan perlunya menjadi pemilih cerdas. Pemilih cerdas yang dimaksud adalah pemilih yang memiliki pengetahuan, kesadaran serta berpartisipasi dalam Pemilu yang diselenggarakan oleh KPU. Sedangkan program RPP Raden Paku ada 3, yaitu Sosialisasi ke SMA Sederajat dan Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Gresik. Selain mensosialisasikan bagaimana menjadi pemilih yang cerdas juga mengenalkan RPP milik KPU Gresik ini. Kedua yaitu KPU Goes To School dengan mendatangi Sekolah maupun Perguruan Tinggi untuk melakukan pendidikan Pemilih serta membagikan brosur. Terakhir adalah menerima kunjungan di RPP dari elemen masyarakat, termasuk siswa/mahasiswa. 

Terpisah, Suyono, Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas menjelaskan perihal teknis berkunjung di RPP.  Pengunjung dapat berasal dari sekolah, organisasi, lembaga maupun perorangan. “Kami persilahkan melihat-lihat sekeliling ruang RPP,  tanya jawab dan  pemutaran video dokumenter tentang kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KPU Gresik.  (kpugres/niah/v)