pleno dps (1)

Akhmad Roni Ketua KPU Gresik membuka Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Pleno tersebut berlangsung di Aula KPU Kabupaten Gresik pada hari Kamis (15/3/2018).Roni menjelaskan, pleno tersebut merujuk pada PKPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018.

"Hasil DPHP ini merupakan hasil coklit dari tingkat PPDP, yang ditetapkan oleh PPS dan PPK, selanjutnya kita plenokan di tingkat kabupaten," terangnya.

Rapat Pleno tersebut dilaksanakan secara terbuka dan dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panwas Kabupaten Gresik, Tim Kampanye dua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur JawaTimur, perwakilan dari Kesbangpol serta perwakilan dari dinas Kependudukan Catatan Sipil dari jajaran Pemerintah Daerah.

Peserta rapat pleno berasal dari 18 kecamatan di Kabupaten Gresik, minus dua kecamatan dari Pulau Bawean yang menghadiri pada pleno tersebut dikarenakan letak geografis wilayahnya. Khusus dua kecamatan di Pulau Bawean harus melaporkan dengan video teleconference dengan disaksikan bersama anggota KPU beserta PPK yang lain di Aula KPU Gresik.

Selanjutnya pleno pemaparan DPHP dan DPS dari PPK se-Kabupaten Gresik dipimpin oleh komisioner KPU Div. Program Data Abdullah Sidiq, jalannya pleno masing-masing PPK menyampaikan hasil Rekapitulasi daftar pemilih di tingkatkecamatan, secara bergantian sesuai arahan dari Sidiq.

DPS Kabupaten Gresik yang telah ditetapkan 15Maret 2018 berjumlah 908.540 pemilih, Dengan rincian untuk pemilih laki-laki sebanyak 452.488 orang, sedangkan untuk pemilih perempuan sebanyak 456.052 orang, dengan total TPS sebanyak 2.210 dari 356 kelurahan/desa.

 

(Kpugres/Yayan)