Pada Pagelaran Seni Budaya yang disuguhkan dalam rangka Sosialisasi Pemilu Serentak Tahun 2019, pegawai perempuan di KPU Gresik terlihat berbeda. Mereka memakai kostum kebaya sebagai seragam khusus para perempuannya.  Alhasil, mereka terlihat cantik dan anggun dengan balutan kebaya dan jarit modern.

Elvita Yuliati, anggota KPU Gresik yang satu-satunya perempuan mengatakan bahwa Kartini adalah Pahlawan  perempuan yang dapat menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia agar tidak kalah dalam berkiprah di ranah publik.  

“Memang, menggunakan kebaya hanya salah satu bentuk untuk menghormati  Ibu Kartini yang ikut memperjuangkan kaum perempuan  agar  tidak kalah dengan para prianya dalam mengekplorasi  kemampuan positifnya, tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai perempuan, “ ujar Elvita di sela-sela acara  Seni Budaya Sosialisasi Pemilu 2019, Sabtu (21/0/2018). Akhirnya dari hasil diskusi dengan para pegawai perempuan di KPU Gresik, disepakati dalam acara Seni Bidaya akan memakai kebaya.  Karena pegawai pria menggunakan seragam sosialisasi  warna biru, maka untuk menyesuaikan, kerudung perempuannya didominasi warna biru juga. (kpugres/vet)