rapat logistikSalah satu pendukung suksesnya Pemilu adalah tata kelola logistik yang optimal. Diawali dari perencanaan pengadaan logistik hingga pengamanan pasca pelaksanaan. Pengamanan logistik dilakukan sejak berada di gudang penyimpanan, distribusi saat pelaksanaan pemungutan suara hingga pengembalian ke gudang KPU. Dalam pengamanan ini, dukungan dari kepolisian dan TNI mutlak dibutuhkan. Untuk itu KPU mengundang mereka untuk kordinasi dan konsolidasi. 

 “Keberadaan kepolisian dan TNI dalam pengamanan logistik pemilu mutlak dibutuhkan, sehingga perlu kiranya kita berkordinasi sejak awal,” ujar ketua KPU Gresik, Ahmad Roni mengawali agenda Rapat Kordinasi, Jumat (28/12/2018) di RM Handayani Gresik.

Roni memaparkan tata kelola logistik yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan di KPU Gresik. Termasuk barang-barang logistik perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan pendukung yang sudah berada di gudang.

“Gudang KPU Gresik ada 3, yaitu berada di kantor KPU Gresik dan dua lainnya berada di luar KPU. Semua sudah terisi logistik perlengkapan pemungutan suara dan pendukung perlengkapan yang akan digunakan pada hari H,” tambah Roni.

Menanggapi itu, Kabagops Polres Gresik menyatakan dukungan penuh dalam hal pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019. Apalagi Pemilu kali ini lebih kompleks karena jenis pemilihannya lebih banyak.

“Polres Gresik beserta jajaran akan mengoperasionalkan petugas sekitar dua pertiga prosen dari jumlah total polisi di Gresik. Kami menyadari yang akan kami amankan lebih banyak tetapi jumlah polisinya tidak bertambah. Namun kami tetap berkomitmen untuk mengoptimalkan pengamanan agar pemilu berjalan lancar dan sukses,” ujar Kompol Harna.

Hal serupa juga dikatakan wakil dari Kodim 0817 Gresik. Melalui Pasi Intel Kodim 0817. Pihaknya akan sepenuhnya mengamankan Pemilu dari segala gangguan. Termasuk dalam pengamanan logistik yang akan dipergunkan pada saat pemungutan suara.

“Kami sebagai aparat negara tetap membackup sepenuhnya pengamanan di KPU termasuk terkait logistiknya. Kemudian dalam pelaksanaan Pemilu TNI tetap berkomitmen netral,” tegas Lettu CBA Moch Ridhon, PASI Intel Kodim 0817 Gresik (kpugres/vet)