Divisi Sdm & Parmas KPU Kabupaten Gresik tak kenal lelah sampaikan sosialisasi pemilu 2019. Dalam kesempatan ini KPU Gresik kunjungi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Gresik. Tepatnya 25/2/2019 bersama 500 Narapidana Makmun Anggota KPU Gresik menyampaikan bawa terdapat 359 orang terdatar dalam DPT dengan rincian 275 orang asli warga Gresik 84 orang diluar Gresik, selebihnya adalah mereka yang tidak punya identitas kependudukan. 
 
IMG-20190225-WA0058Dengan jumlah DPT yang lebih dari 300 tersebut membuat kami harus menyiapkan 2 TPS, yakni TPS 19 dan 20 Desa Banjarsari. Sosialisasi ini kita sampaikan mengingat mereka adalah warga negara yang sama sama punya hak untuk mendapatkan informasi kepemiluan.  
 
Sosialisasi yang dihadiri oleh beberapa pejabat rutan, PPK Kecamatan Cerme  dan relawan demokrasi segmentasi pemilih berkebutuhan khusus ini dalam rangka upaya meningkatkan partisipasi masyarakat yang oleh KPU RI ditargetkan 77.5 %. 
IMG-20190225-WA0064
 
Mantan Aktifis PMII ini menyampaikan bagimana cara menjadi pemilih cerdas pada saat pemilu nanti. Selain memastikan diri terdaftar dalam DPT juga harus tahu calon yang sedang berkompetisi dalam pemilu ini. Mengetahui rekam jejak calon adalah sebuah kaharusan bagi pemilih sehingga kita tidak seperti membeli  barang dalam karung.
 
selanjutnya bapak tiga anak tersebut mensimulasikan bagaimana tata cara mencoblos yang benar dan sah baek pada pemilu Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten. 
 
disisi lain Nazar salah satu warga binaan Rutan Gresik saat diwawancarai menyampaikan terima kasih kepada KPU yang masih peduli dengan kami meskipun di dalam tahanan ini. Informasi ini sangat penting bagi kami mengingat sangat terbatasnya informasi yang bisa kami dapatkan khususnya tentang kepemiluan. 
 
Sosialisasi diakhiri dengan dialog serta pembagian hadiah / doorprize oleh KPU Gresik bagi warga binaan yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.
"Ingat, Rabu pahing, 17 April 2019 datang ke TPS gunakan hak pilih anda, dan jangan golput",tambah Makmun.