Gresik, kpud-gresikkab.go.id - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur menggelar Rapat Koordninasi dengan Komisi Pemilihan Umum tingkat Kabupaten/Kota yang bertempat di kantor KPU Jatim, Jl. Raak Adinegoro Mojokerto. Pada rapat kali ini, KPU Jatim menugaskan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi serta operator Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) Kabupaten/Kota. Dari KPU Kabupaten Gresik sendiri dihadiri oleh Abdullah Shidiq Notonegoro selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi dan Riskaning Dianti selaku operator Sidalih. Pada Rapat Koordinasi kali ini, KPU Jatim membahas tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan.

rakor data juli 2019

Pemutakhiran Daftar Pemilih merupakan tahapan yang menentukan proses penyelenggaraan Pemilihan Umum karena hal ini menyangkut hak setiap warga negara dalam menggunakan hak pilihnya ketika pelaksanaan Pemilihan Umum.

Mengutip pernyataan Ketua KPU Jatim, Chairul Anam bahwa, kita harus hati-hati dalam mengelola data pemilih, karena mengelola data ini tidak mudah, mengingat adanya Komisioner baru yang berasal dari berbagai macam disiplin ilmu, harapannya segera belajar, kalau perlu belajar ke operatornya, sehingga paham betul alur pemutakhiran daftar pemilih dan dalam membuat kebijakan. Dan yang lebih penting lagi adalah Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini merupakan tahapan sangat penting untuk menghasilkan Data Pemilih yang akurat dan lengkap.

Selain itu pada rapat kali ini KPU Kabupaten/Kota diinstruksikan untuk meninventarisir A-DPK atau Daftar Pemilih Khusus yang berada di dalam kotak suara Pemilu 2019 untuk diinput ke Sidalih sebagai persiapan Data Pemilih Pilkada Serentak pada tahun 2020. (kpugresik/mun)