penetapan calegKPU Gresik laksanakan rapat pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Pemilu tahun 2019 di Hotel @Hom Premiere GKB (20/7/2019). Agenda ini diselenggarakan atas instruksi  KPU RI melalui surat yang dilayangkan tertanggal 17 Juli 2019 dan tetap berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum.

Rapat Pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Gresik, Bawaslu, saksi partai politik, serta Ketua dari masing-masing partai politik. Dalam kegiatan tersebut, KPU Gresik menghitung dan menetapkan perolehan kursi partai politik anggota DPRD Kabupaten Gresik setiap Daerah Pemilihan, menetapkan peringkat calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Gresik, dan menetapkan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Gresik.

Hasilnya, delapan partai politik ditetapkan meduduki kursi DPRD Kabupaten Gresik. PKB menduduki posisi pertama dengan perolehan 13 kursi, disusul partai Gerindra dan Golkar masing-masing sebanyak 8 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, partai NasDem 5 kursi, partai Demokrat, 4 kursi, PBB dan PAN masing-masing sebanyak 3 kursi. Sementara perolehan suara terbanyak diraih oleh saudara Fandi Akhmad Yani yang merupakan caleg dari PKB Daerah Pemilihan Gresik 2 dengan total suara sah 18.023. Disusul peringkat kedua, dr. H. Asluchul Alif, M.Kes. dari partai Gerindra Daerah Pemilihan Gresik 8 sebanyak 14.108 suara sah, dan peringkat ketiga, H. Mochammad dari PKB Daerah Pemilihan Gresik 2 sebanyak 11.736 suara sah.

penetapan caleg1penetapan caleg1“Setelah ini, akan kami serahkan hasilnya ke KPU Provinsi dan diupload di Situng.” Ungkap Ahmad Roni. Dia juga bersyukur acara berlangsung lancar dan tidak ada permasalahan atau perselisihan mengenai hasil perolehan suara partai maupun caleg.

Kemudian acara diakhiri dengan penyerahan Berita Acara Model E dan Surat Keputusan tentang Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih ke masing-masing partai politik. (kpugres/fian/mun)