fgd

KPU Gresik laksanakan Rapat Evaluasi Pencalonan pemilu 2019. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat kembali efektifitas pencalonan pemilu yang baru saja usai. KPU sangat berharap melalui kegiatan ini mendapatkan masukkan dari stakeholder pemilu terkait sehingga dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan yang akan dating kita bisa terus berbenah menuju dengan harapan pemilu kita semakin lama semakin baik.

Kegiatan digelar di di hotel @HOM GKB, Gresik pada tanggal 28 Agustus 2019. Turut hadir dalam acara ini Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Timur Insan Qoriawan.  Dalam sambutannya insan menyampaikan evaluasi tentang adanya batas minimal 30% perempuan dan aturan zipper system.
‘’Di tiap tiga calon harus ada satu perempuan dan berlaku zipper system,’’ ungkap Insan.

 Menurut Insan, syarat ini dinilai berat oleh partai politik sehingga di beberapa daerah banyak yang tidak terpenuhi syarat 30% perempuan ini.

Rapat berjalan relative hidup dengan dengan konsep FGD (Focus Group Discussion) sehingga semua pihak diberikan waktu seluas luasnya untuk menyampaikan keluh kesahnya terkit pelaksanaan pencalonan pemilu kemaren. Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Gresik, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Dinas Pendidikan, Rumah Sakit, Polres, Kodim, perwakilan Universitas, tokoh masyarakat, Ketua Partai Politik, serta LO masing-masing partai politik. (kpugres/amel)