Bersama Bawaslu, KPU Hadiri Rakor Evaluasi Kinerja Penyelenggara dan Penyelenggaraan Pemilu 2019

KPU Kabupaten Gresik menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Penyelenggara dan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019. Undangan dari Bawaslu Jawa Timur ini, diikuti oleh KPU Jatim, KPU Kab/Kota Se-Jatim, dan tuan rumah Jajaran Bawaslu Kabupaten/kota se-Jatim.

Dalam sambutan Ketua  KPU RI, Arief Budiman, menegaskan tentang pentingnya membangun relasi. Hubungan dengan lembaga lain terutama sesama penyelenggara Pemilu yaitu Bawaslu harus tetap baik dan harmonis.

“Runtuhnya penyelenggara pemilu penyebabnya bisa jadi bukan dari luar, tapi dari dalam penyelenggaranya  jika tidak membangun relasi dengan baik,” tegas Arief, Sabtu (2/11/2019)

Selanjutnya Ketua DKPP RI, Harjono dalam paparannya juga menyoal elemen pemilu ada empat, yaitu regulasi, penyelenggara, peserta dan pemilih. “Keempat elemen ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu RI  Abhan dalam sambutannya mengatakan bahwa evaluasi adalah sebuah keniscayaan dari proses pemilu yang panjang. Dengan adanya evaluasi diharapkan proses dan mekanisme pemilu ke depan bisa lebih baik lagi.

“Perlu selalu diadakan rapat koordinasi antar penyelenggara pemilu sampai dengan level tingkat bawah, untuk menyamakan kesepahaman karena beberapa persoalan yang muncul dalam proses penyelenggaraan pemilu itu bersumber dari bawah, jika dilevel terbawah tuntas, maka tidak akan meninggalkan residu,” tandasnya.

Hari berikutnya, semua peserta termasuk Bawaslu Kabupaten/Kota se-jatim dikelompokkan sesuai dengan materi pembahasan masing-masing. Dalam kelompok itu kedua elemen ini berdiskusi untuk menghasilkan rekomendasai. Hasil diskusi tersebut dipresentasikan pada saat menjelang penutupan. nya masing-masing. (kpugres/karin/amel/vet)