SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

Menindak lanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017untuk melaksanakan Verifikasi Faktual terhadap seluruh partai politik calon peserta Pemilu 2019,  KPU Kabupaten Gresik telah menuntaskan agenda verifikasi ke-16 partai politik calon kontestan pemilu 2019. Tim verifikasinya melibatkan seluruh anggota KPU Gresik, sekretaris, staf sekretariat, dan tenaga pendukung.

Dalam pelaksanaan Verifikasi tersebut, tim memeriksa dokumen-dokumen partai politik (parpol) yang meliputi administrasi kepengurusan, status domisili kantor, keterwakilan 30 persen perempuan serta keanggotaan 5 persen dari data Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang sudah diserahkan ke KPU Kabupaten Gresik.

Menurut Chairuz Zimam, Anggota KPU Kabupaten Gresik Divisi Hukum, mereka melaksanakan agenda tersebut selama 3 hari berturut-turut. Mulai hari selasa (30/01/2018) hingga Kamis (01/02/2018) sejak pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Untuk mengefektifkan kegiatan verifikasi, KPU Kabupaten Gresik juga membagi proses pengecekan parpol ke dalam empat tim verifikator, empat tim ini di hari pertama telah memverifikasi 4 Parpol, hari kedua memverifikasi 8 parpol dan hari terakhir memverifikasi 4 Parpol. Proses Verifikasi KPU Kabupaten Gresik ini berjalan sesuai jadwal yang ditentukan dan didampingi oleh Panwaslu.

“Selanjutnya partai politik akan diberikan hasil Verifikasi. Jika masih Belum Memenuhi Syarat (BMS) maka diminta segera memperbaiki dan pada tanggal 5 Februari 2018 hingga pukul 24.00 sebagai batas akhir penyerahan perbaikan. (kpugres/kholil/v)

Verifikasi parpol oleh KPU Kabupaten Gresik hari pertama:

  1.    Partai PPP
  2.    Partai GOLKAR
  3.    Partai PAN
  4.    Partai PDI P.

Verifikasi parpol oleh KPU Kabupaten Gresik hari kedua:

  1. Partai GERINDRA
  2. Partai BERKARYA
  3. Partai DEMOKRAT
  4. Partai PERINDO
  5. Partai PKB
  6. partai GARUDA
  7. Partai PKPI
  8. partai PSI

 Verifikasi parpol oleh KPU Kabupaten Gresik hari ketiga:

  1. Partai NASDEM
  2. Partai PBB
  3. Partai PKS
  4. Partai HANURA

Verifikasi Partai Perindo

By Admin on Feb 02, 2018 with 0 Commnets

Tim verifikator dari KPU Gresik yang dipimpin oleh Komisioner M. Chairuz Zimam dan didampingi oleh Sekretaris Ahmad Fahruddin mendatangi Kantor Sekretariat DPD Perindo, Rabu (01/02/2018) yang beralamat di Jl. Raya Abar-Abir RT 001 RW 001KecamatanBungah Gresik.

Tim verifikator dari KPU Gresik ditemui oleh Ketua Partai Perindo Abdur Rohman beserta Sekretaris Ahmad Saifuddin dan Bendahara Jazilatul Maftukhah. Empat hal yang akan diverifikasi yaitu terkait dengan domisili dan status kantor, kedua terkait dengan kepengurusan anggota yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara dan selanjutnya pencermatan terhadap komposisi pengurus ada keterwakilan 30%  perempuan.

“Pengurus perempuan sebanyak 2 orang dari 5 orang jumlah pengurus totalnya, namun ada salah satu pengurus perempuannya yang tidak dapat hadir, yang bersangkutan hadir tersendiri di KPU Kabupaten Gresik,” jelasZimam.

Sedangkan terkait verifikasi keanggotaan, sebanyak 54 orang dari 1.077 sesuai sampling 5 prosen dari data sipol dapat hadir dan membawa bukti keanggotaan KTA serta KTP. (kpugres/hajar/v)

 

gerindraDPC Partai Gerindra mendapat giliran Verifikasi Faktual pada hari Rabu (31/1/2018). Tim Verifikasi ini dipimpin oleh Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni dan didampingi anggota KPU lainnya, Elvita Yuliati. Mereka mendatangi kantor sekretariat partai di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo no.86 Gresik.

Setelah seremonial sambutan maksud kedatangan dari KPU Gresik mapun sambutan dari tuan rumah, Tim verifikasi segera mencocokkan data kepengurusan partai, yakni Ketua Asluchul Alif, Sekretaris Asikin Harianto dan Bendahara Nur Saidah. Sedangkan jumlah pegurusnya total sebanyak 31 orang dan10 orang diantaranya adalah perempuan. Partai Gerindra sudah memenuhi syarat keterwakilan 30 persen pengurus perempuan.

“Selanjutnya sebanyak 56 orang dari 1.101 anggota partai yang disampling 5 prosen hadir dan membawa bukti E-KTP dan KTA. Sehingga keanggotaan dapat dinyatakan memenuhi syarat,” jelas Roni (kpugres/nia/v)

Verifikasi Partai Bulan Bintang

By Admin on Feb 01, 2018 with 0 Commnets

Partai Bulan Bintang mendapat giliran diverifikasi oleh Tim dari KPU Kabupaten Gresik yang dikomandani oleh anggotanya, M. Chairuz Zimam dan didampingi Sekretaris KPU Ahmad Fahruddin. Kamis (01/02/2018), tim mendatangi Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB)  yang beralamat di Cisadane Nomor 29 GKB.

Tim verifikator dari KPU Gresik ditemui oleh Ketua PBB Abdul Abbas beserta Sekretaris Nur Khasan  dan BendaharaAbdus Samad. Empat hal  yang harus diverifikasi, pertama terkait dengan domisili dankantorsekretariat, kedua terkait dengan kepengurusan anggota yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian pencermatan tentang keterwakilan 30%  perempuan.

“Komposisi pengurus sudah sesuaidengan dokumen yang ada, dan jumlah 30 prosen keterwakilan perempuan juga sudah memenuhi. Ada 3 orang dari 10 orang pengurus partainya,” ujarZimam.

Sementara menurut jumlah keanggotaan di Sipol, 5 prosen sampling dari 555 orang anggotanya, ada 28 orang. (kpugres/hajar/v)