SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

PPK Kebomas Sinkronkan DPHP

By Admin on Mar 07, 2018 with 0 Commnets

10. Kebomas DPHPPanitia pemilihan kecamatan (PPK) Kebomas Kabupaten Gresik mengadakan agenda rapat sinkronisasi hasil rapat pleno Panitia pemungutan suara (PPS) tentang Rekapitulasi DPHP (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran). Acara ini dilaksanakan Hari Rabu (7/03/2018) di kantor Kecamatan Kebomas Gresik. Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk koordinasi dan sinkronisasi hasil rapat pleno yang telah dilakukan oleh PPS di desa/kelurahan masing-masing.Kegiatan yang berlangsung malam hari ini dihadiri oleh ketua PPS dari 21 desa/kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kebomas. Rekapitulasi DPHP merupakan hasil kerja keras petugas PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), yang didampingi PPS saat pencoklitan berlangsung.

Validasi data hasil rekapitulasi di tingkat desa sangat penpting untuk disinkronkan sesuai dengan buku panduan yang diberikan KPU. Data PPS yang perlu disinkronkan antara lain Rekapitulasi DPHP dengan menggunakan formulir model A.B.1-KWK dan rekapitulasi daftar pemilih potensial Non-KTP elektronik menggunakan formulir model A.C.1-KWK. Hal ini untuk mencegah dan menghilangkan kesalahan-kesalahan pada keseluruhan data pemilih.

Data yang sinkron dan valid sangat menentukan kesuksesan acara pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur nanti. Di samping itu rapat sinkronisasi DPHP ini sebagai persiapan dan bekal utama untuk rapat pleno penetapan DPHP di tingkat PPK. Rapat pleno penetapan DPHP di tingkat PPK Kebomas dijadwalkan hari jumat tanggal 9 Maret 2018. (kpugres/yayuk/v)

Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, Dewita Hayu Shinta melakukan monitoring ke PPK Gresik berkaitan dengan persiapan Pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).  Ia  didampingi 3 Komisioner KPU Kabupaten Gresik dan  ditemui oleh seluruh anggota PPK Kecamatan Gresik (Rabu, 07/03/2018). Baihaqi Yulianto, ketua PPK Gresik dalam tanya jawab menyatakan secara garis besar  terkait kerja PPDP dan PPS di wilayah kerjanya. Diantaranya  adalah banyaknya data non KTP-el yang ternyata setelah di cek ke Dispendukcapil, yang bersangkutan telah melakukan perekaman.

“Kami juga melakukan konfirmasi ulang ke PPS dan PPDP. Mayoritas menandaskan  bahwa ketika coklit PPDP tidak bertemu dengan yang bersangkutan. Tuan rumah yang menerima PPDP tidak bisa memastikan.  Alasan mereka,  masih bisa kami terima untuk dapat dilakukan pembetulan dan perbaikan,” terang Baihaqi

Sementara Ahmad Roni, ketua KPU Gresik meminta Sumiasi, Divisi Data PPK Gresik untuk menunjukkan laporan hasil pleno PPS.  Ia  mempertanyakan perubahan data di beberapa PPS gemuk yang sangat minim. “Hal ini perlu ditanyakan, mengingat sangat tidak mungkin tidak ada perbaikan data dengan potensi pemilih sebanyak itu.  Tolong PPK melakukan cek terhadap hasil kerja PPDP langsung kepada 3 kelurahan yakni Ngipik, Trate dan Sidokumpul,” ujar mantan PPK Manyar itu.

Dewita Hayu Shinta, Komisioner dari KPU Provinsi Jawa Timur selanjutnya memberikan pengarahan-pengarahan berkaitan dengan pola kerja PPK dan monitoring terhadap PPS sehingga didapati hasil DPHP yang valid dan berkualitas. (kpugres/mardiyana/v)

 

PPK Pemilu 2019 Dilantik

By Admin on Mar 07, 2018 with 0 Commnets

Lantik PPK 2019

 

KPU Gresik melantik 54 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk penyelenggaraan Pemilu tahun 2019. Mereka berasal dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik termasuk 2 kecamatan di Pulau Bawean. Pelaksanaan di Hotel Saptanawa pada hari Rabu (7/3/2018) mulai pukul 09.00 WIB. Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni setelah seremonial pelantikan menegaskan kembali pentingnya tugas dan kewajiban sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan sesuai perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

“Sesuai dengan sumpah dan janji anda tadi, dalam menjalankan tugas dan wewenang harus bersungguh-sungguh, jujur adil dan cermat. Ingat, anda harus ikut menegakkan demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan,” tegas Roni

54 anggota PPK ini dilantik berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Gresik Nomor 42/HK.03.1-Kpt/3525/KPU-Kab/III/2018. Mereka adalah anggota PPK Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 yang dievaluasi kembali. Dari 5 orang menjadi 3 orang. Penilaiannya beradasarkan kuisioner anggota PPK yang lain, sekretaris PPK dan anggota KPU Kabupaten Gresik.

Hadir para pelantikan tersebut, wakil dari Pemkab Gresik, wakil dari DPRD Gresik, Syafik, Kemudian Wakil dari Polres Gresik, Semua Partai Politik yang ada di Gresik, para camat dan stake holder Pemerintahan Kabupaten Gresik (kpugres/vet)