SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

rakor kediriKomisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi "Penyusunan Perencanaan Program dan Anggaran Pilkada Serentak bagi Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

Kegiatan yang berlangsung di Bukit Daun Hotel Kabupaten Kediri ini (16-18/7/2019) sengaja diselenggarakan KPU Jatim bagi 19 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada pada tahun 2020.

Peserta yang dihadirkan pada acara kali ini adalah Seluruh Komisioner, Sekretaris dan Kasubag Program dan Data KPU Kabupaten / Kota se-Jatim.

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam dalam sambutannya mengatakan acara ini sangat strategis guna kesuksesan pelaksanaan Pilkada tahun depan,  dia berharap pada seluruh peserta rapat untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama, "Perencanaan yg baik merupakan langkah awal kesuksesan pilkada, karena gagal dalam perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan," tegas Anam dalam sambutannya.

Seperti diketahui, Kabupaten Gresik saat ini sedang membuat perencanaan program dan anggaran untuk kebutuhan Pilkada 2020. Kegiatan Rakor ini merupakan bagian dari koordinasi terkait persiapan Pilkada tersebut. (Kpugres/mun)

Gresik, kpud-gresikkab.go.id - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur menggelar Rapat Koordninasi dengan Komisi Pemilihan Umum tingkat Kabupaten/Kota yang bertempat di kantor KPU Jatim, Jl. Raak Adinegoro Mojokerto. Pada rapat kali ini, KPU Jatim menugaskan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi serta operator Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) Kabupaten/Kota. Dari KPU Kabupaten Gresik sendiri dihadiri oleh Abdullah Shidiq Notonegoro selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi dan Riskaning Dianti selaku operator Sidalih. Pada Rapat Koordinasi kali ini, KPU Jatim membahas tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan.

rakor data juli 2019

Pemutakhiran Daftar Pemilih merupakan tahapan yang menentukan proses penyelenggaraan Pemilihan Umum karena hal ini menyangkut hak setiap warga negara dalam menggunakan hak pilihnya ketika pelaksanaan Pemilihan Umum.

Mengutip pernyataan Ketua KPU Jatim, Chairul Anam bahwa, kita harus hati-hati dalam mengelola data pemilih, karena mengelola data ini tidak mudah, mengingat adanya Komisioner baru yang berasal dari berbagai macam disiplin ilmu, harapannya segera belajar, kalau perlu belajar ke operatornya, sehingga paham betul alur pemutakhiran daftar pemilih dan dalam membuat kebijakan. Dan yang lebih penting lagi adalah Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini merupakan tahapan sangat penting untuk menghasilkan Data Pemilih yang akurat dan lengkap.

Selain itu pada rapat kali ini KPU Kabupaten/Kota diinstruksikan untuk meninventarisir A-DPK atau Daftar Pemilih Khusus yang berada di dalam kotak suara Pemilu 2019 untuk diinput ke Sidalih sebagai persiapan Data Pemilih Pilkada Serentak pada tahun 2020. (kpugresik/mun)

Rakor Evaluasi Parmas

By Admin on Jul 05, 2019 with 0 Commnets

rakor magetanMAGETAN – Tingkat Partisipasi Masyarakat (Parmas) Kabupaten Gresik dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 melampaui target nasional, yaitu 77,5 prosen. Sedangkan tingkat prosentase parmas di Gresik sebesar 85 prosen.

Partisipasi masyarakat Gresik juga melebihi rata-rata Jawa Timur yaitu 83 prosen. Uraian ini dibahas dalam Koordinasi dan Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019 yang digelar KPU Jatim di Harmadha Joglo Kabupaten Magetan, Jumat (05/07/2019)

Rapat yang dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Jatim Choirul Anam ini, dalam sambutannya mengatakan agar prosentase tersebut harus tetap dipertahankan. "Harapan kami, KPU Kabupaten/kota di Jatim dapat mempertahankan bahkan meningkatkan lagi prosentase di pilkada maupun pemilu ke depan," tegas Anam, Jumat (5/07/2019)

Kegiatan ini dihadiri komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, Nurul Amelia dan Miftahur Rozaq.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Gresik, Makmun mengaku,  capaian prestasi ini karena masyarakat Gresik sangat peduli dengan demokrasi dan politik. Selain itu juga karena kontribusi peserta pemilu, kawan pers dan lembaga-lembaga yang ada dalam ikut berpartisipasi mensosialisasikan Pemilu 2019. "Semoga capaian prestasi ini bisa kita pertahankan," pungkasnya. (kpugres/vet)

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia secara resmi telah menetapkan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2019, Minggu (30/07/2019). Penetapan yang diselenggarakan di Ruang Utama KPU RI tersebut dihadiri oleh Bawaslu, DKPP, Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, dan perwakilan seluruh partai politik pendukung serta jajaran TNI/POLRI. Adanya keputusan ini menandakan bahwa Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pada periode 2019-2024.

Ketua KPU RI Arief Budiman yang memimpin jalannya Rapat Pleno Terbuka mengatakan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 85.607.362 suara (55,5 persen) mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno yang memperoleh suara 68.650.239 suara (44,5 persen). “Memutuskan, menetapkan keputusan KPU tentang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2019. Kesatu menetapkan capres cawapres terpilih dalam Pemilu Presiden 2019 Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024,” ujar Arief.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai Presiden terpilih Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada KPU dan seluruh elemen penyelenggara yang telah suskses melaksanakan Pemilu 2019. Ia juga berterima kasih kepada rakyat yang telah memberinya kepercayaan untuk memimpin pada periode kedua dan berjanji akan berdedikasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa. “Saya dan calon wakil presiden Ma’ruf Amin juga mengucapkan terimakasih kepada rakyat yang memberikan kepercayaan melanjutkan tugas, (dan) mendedikasikan diri untuk mencapai cita-cita para pendiri bangsa,” tutur Jokowi. (kpugres/mun)

 

Jelang penetapan perolehan jumlah kursi legislatif Kabupaten Gresik , 29/6/19 di Hotel Home Primere GKB, KPU Gresik Sosialisasikan Metode penghitungan Kursi Legislatif hasil pemilu 2019 pada peserta pemilu.

Di hadapan pimpinan partai politik yang hadir, Ahmad Roni Ketua KPU Kabupaten Gresik menjelaskan perbedaan konversi suara pemilu 2014 dengan pemilu 2019.  Dimana pada pemilu 2019 ini KPU menggunakan system saint lague. Dalam penjelasannya, Roni mensimulasikan bagaimana system saint lague itu di operasionalkan menggnakan cotoh perolehan sauara pemilu tahun 2019 ini.

Sementara itu, Syafi' Jamhari Divisi Pengawasan Bawaslu Gresik mengapresiasi kinerja KPU Gresik atas penyelenggaran pemilu yang berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Ini juga karena di gresik ubungan antara penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu serta peserta pemilu terjalin komunikasi yang baik. Semoga ini menjadi modal awal kita untuk menyongsong tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tan 2020 yang akan datang.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja KPU Gresik yang telah menyelenggarakan pemilu dengan baik, lancar, aman dan kondusif" terang syafi’. (kpugres/mun)