SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

Kelola Dana Hibah Dituntut Profesional

By Admin on Nov 06, 2019 with 0 Commnets

Mengelola anggaran hibah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil wali kota seyogyanya harus menjadi salah satu kunci keprofesionalan penyelenggara Pemilu/Pemilihan.  Selain itu, pengelolaan keuangan harus terbuka dan bertanggung jawab.

Sebagai upaya untuk mewujudkan keterbukaan dan akuntabilitas, KPU Jatim mengundang KPU Se- Jatim yang akan melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan/Walikota dan Wakil wali kota Rapat Koordinasi Pengelolaan Anggaran Dana Hibah Pemilihan Serentak tahun 2020

Salah satu nara sumber,  Fikri,  Kabag Akuntansi dan Keuangan KPU RI menyampaikan bahwa pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang telah diterima harus dikelola secara benar dan tepat waktu.

“Dana hibah yang diterima oleh KPU Kabupaten/kota harus dikelola secara benar, sesuai dengan aturan pokok yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan,” tandasnya, Selasa (05/11/2019)

Selain itu, juga ada beberapa nara sumber, diantaranya Epi Sumanto dan Gaguk dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendahaaraan Negara (DJPN). Acara yang dilaksanakan di Hotel Premiere Palace Sidoarjo ini diikuti Abdullah Sidiq Notonegoro, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ahmad Fahruddin, Sekretaris KPU, Gelar Pratama, Kasubag Program dan Data dan Suyanto Bendahara (kpugres/fian/vet)

3 tenaga kerja pendukung

Selasa, 5 November 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gresik mempekerjakan 3 Tenaga Kerja Pendukung untuk mengerjakan Pengelolaan Dokumen Pemilu Serentak 2019. Kegiatan tersebut dimulai dengan perkumpulan singkat yang dipimpin Elvita Yulianti selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan dan dihadiri oleh Sandara Amelia Atunggal selaku Plt Kasubbag Teknis dan Hupmas, Sukandar selaku Staff Teknis dan Hupmas. Perkumpulan singkat tersebut juga dihadiri ketiga calon Tenaga Kerja Pendukung, Alfian Hamdani, Karina Aprilismah dan Muhammad Alfi Mahsuni. Elvita Yulianti menambahkan “Tugas dari tenaga pekerja pendukung yaitu menata arsip. Selain menata arsip, tenaga pendukung bisa kapan saja membantu Divisi yang lain apabila sedang tidak mengerjakan sesuatu dan harus melalui koordinasi Pimpinan. Selain itu Tenaga Kerja Pendukung  harus disiplin waktu, yaitu masuk sebelum pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00, selain itu jam istirahat mulai dari pukul 12.00-01.00, apabila sudah selesai waktu istirahatnya, Tenaga kerja Pendukung harus kembali dan melakukan aktivitasnya kembali.” ungkapnya. (kpugres/achun)

Pendaftaran pemantau untuk Pemilihan Tahun 2020 di Gresik telah dimulai. Jadwal kegiatan untuk pendaftaran pemantau pemilihan dimulai tanggal 01 November 2019 sampai dengan 16 September 2020. Sementara untuk pendaftaran pelaksana survei atau jajak pendapat dimulai tanggal 01 November 2019 sampai 23 Agustus 2020. Pendaftaran pelaksana penghitungan cepat hasil pemilihan dimulai tanggal 01 November 2019 sampai tanggal 23 Agustus 2020.

Tempat pendaftaran pemantau diselenggarakan di kantor KPU Kabupaten Gresik, Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 690, Gresik. Sesuai dengan pengumuman pemantau Nomor: 548/PP.03.2-Pu/3525/KPU-Kab/XI/2019 tentang Pendaftaran Pemantau Pemilihan dalam Negeri, Lembaga Survei atau Jajak Pendapat dan Penghitungan Cepat Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. (kpugres/amel)

Bersama Bawaslu, KPU Hadiri Rakor Evaluasi Kinerja Penyelenggara dan Penyelenggaraan Pemilu 2019

KPU Kabupaten Gresik menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Penyelenggara dan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019. Undangan dari Bawaslu Jawa Timur ini, diikuti oleh KPU Jatim, KPU Kab/Kota Se-Jatim, dan tuan rumah Jajaran Bawaslu Kabupaten/kota se-Jatim.

Dalam sambutan Ketua  KPU RI, Arief Budiman, menegaskan tentang pentingnya membangun relasi. Hubungan dengan lembaga lain terutama sesama penyelenggara Pemilu yaitu Bawaslu harus tetap baik dan harmonis.

“Runtuhnya penyelenggara pemilu penyebabnya bisa jadi bukan dari luar, tapi dari dalam penyelenggaranya  jika tidak membangun relasi dengan baik,” tegas Arief, Sabtu (2/11/2019)

Selanjutnya Ketua DKPP RI, Harjono dalam paparannya juga menyoal elemen pemilu ada empat, yaitu regulasi, penyelenggara, peserta dan pemilih. “Keempat elemen ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu RI  Abhan dalam sambutannya mengatakan bahwa evaluasi adalah sebuah keniscayaan dari proses pemilu yang panjang. Dengan adanya evaluasi diharapkan proses dan mekanisme pemilu ke depan bisa lebih baik lagi.

“Perlu selalu diadakan rapat koordinasi antar penyelenggara pemilu sampai dengan level tingkat bawah, untuk menyamakan kesepahaman karena beberapa persoalan yang muncul dalam proses penyelenggaraan pemilu itu bersumber dari bawah, jika dilevel terbawah tuntas, maka tidak akan meninggalkan residu,” tandasnya.

Hari berikutnya, semua peserta termasuk Bawaslu Kabupaten/Kota se-jatim dikelompokkan sesuai dengan materi pembahasan masing-masing. Dalam kelompok itu kedua elemen ini berdiskusi untuk menghasilkan rekomendasai. Hasil diskusi tersebut dipresentasikan pada saat menjelang penutupan. nya masing-masing. (kpugres/karin/amel/vet)

Apel Rutin Senin, 3 Poin Penting

By Admin on Nov 04, 2019 with 0 Commnets

Apel pagi 14 November 2019Apel setiap hari Senin merupakan apel rutin yang dilaksanakan KPU Kabupaten Gresik. Kali ini apel hari Senin (4 November 2019) dipimpin oleh Sekretaris KPU Kabupaten Gresik yaitu Ahmad Fahruddin. Dalam apel tersebut beliau menyampaikan 3 pesan kepada Komisioner, Kasubag dan Seluruh Staf Sekretariat KPU Kabupaten Gresik. Pertama, Beliau mengucapkan terima kasih kepada Komisioner KPU Kabupaten Gresik beserta jajaran Kasubag dan Staf Seketariat KPU Kabupaten Gresik karena telah membantu tugas selama menjalankan proses Diklat Pimpinan Eselon 3 (tiga) di Yogyakarta.

Kedua beliau menyampaikan tentang pentingnya penataan arsip yang dilakukan kepada setiap Divisi dan Kasubag. Ketiga, mengingat Tahapan Pemilu 2020 sudah dimulai, maka beliau meminta kepada Komisioner dan juga seluruh pegawai KPU Gresik untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap menjaga kekompakan untuk semua pegawai KPU Kabupaten Gresik selama tahapan pilkada tahun 2020 berlangsung. (kpugres/karin)