SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

 

Bimtek Strategi Sosialisasi di BondowosoAcara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Sosialisasi dalam Rangka Peningkatan Partisipasi Masyarakat bersama KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober-2 November 2019 di Hall Indoor Rame-Rame, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 24, Badean-Bondowoso.

Rapat dimulai pada pukul 15.30 WIB dengan pembukaan oleh panitia, pembacaan laporan Ketua Panitia yang diwakili oleh Ketua KPU Kab. Bondowoso, Junaidi. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam. Beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangan seluruh Divisi PArmas beserta kasubag Kasubag Tekmas se- Jawa Timur.  “Terima kasih atas inovasi dari Gogot selaku Divisi Parmas yang sangat bagus dan selalu tampil beda dari yang lain, mulai dari konsep acara, pemateri, tempat acara, dll,” ungkapnya.

Materi hari pertama di mulai pada pukul 19.00 WIB dengan pemateri Wahyu Kokang yang mengisi Strategi menangkal Hoax Pilkada dan Pemilu melalui Meme dan Kartun. Selain itu, beliau juga memberikan kesempatan untuk membuat meme menangkal hoax dan memberikan hadiah bagi pemenang.

Hari kedua diisi dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan materi dari Djoko Supriatno SS, M.Med.Kom, CH, CHT, yang memberikan tema Open Mind Membuka Gerbang Pikiran untuk Peningkatan Kapasitas Diri Melalui Pendekatan Potensi Diri. Materi selanjutnya adalah dinamika kelompok dan diskusi kelompok untuk membahas SOP pengelolaan RPP, media center, website, serta media sosial. Kelompok dibagi menjadi tiga dan mempresentasikan hasil diskusi di malam harinya.  (kpugres/amel)

Senin, 4 November 2019 Akhmad Roni, S.Si selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gresik menghadiri rapat koordinasi tindak lanjut hasil pemeriksaan kinerja Pemilu 2019 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur.

Hasil Pemeriksaan kinerja Pemilu tahun 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ditindak lanjuti dengan rapat koordinasi mengundang KPU Kabupaten/kota yang terkena sampling. KPU Kabupaten Gresik termasuk yang secara acak diperiksa oleh BPK

Beberapa arahan yang disampaikan oleh Joko, wakil dari BPK diantaranya yaitu agar segala bentuk pengeluaran anggaran dapat dijelaskan dengan bukti yang sah. Kemudian laporan hasil pemeriksaan BPK ditanggapi sependapat atau menolak dibuktikan dengan dokumen pendukung.

Sementara Kabag SDM Suharto (Totok) yang juga menjadi naras sumber mengatakan bahwa laporan pemeriksaan berdasar empat kegiatan, yaitu Pokja yang melebihi ketentuan dan tidak melibatkan instansi lain, Pertanggung jawaban Badan Adhoc. Distribusi Logistik dan Pelantikan Adhoc.

Sementara Fahrudin, Sekretaris KPU Gresik mengatakan bahwa KPU Gresik sudah melaksanakan pengadministrasian dan pendokumentasian seuai dengan peraturan. Tetapi ternyata misalnya ditemukan kekurangan/kesalahan akan segera dilengkapi.

“Kami dalam melaksanan pengadministrasian SPJ selalu melengkapi dokumen sesuai peraturan yang ada,” tegas Fahrudin (kpugres/amel/vet)

KPU Gresik menjadi salah satu kabupaten/kota yang disampling oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kinerja lembaga ini. Sebelumnya, selain tanya jawab, permintaan dokumen pendukung, juga menghadirkan badan adhoc (PPK dan PPS – red) untuk dimintai penjelasan.

Selanjutnya BPK mengundang KPU Gresik hadir pada kegiatan Exit Meeting Pemeriksaan Kinerja Penyelenggara Pemilu 2019 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur.  Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni hadir bersama Kasubag Umum, Keuangan dan Logistik, Maksun.

Sementara,  Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam menjelaskan, dengan adanya audit kinerja ini diharapkan dapat membawa manfaat dan perbaikan buat KPU Kabupaten/Kota terutama yang terkena sampling.

Untuk ke depannya ia berharap KPU Kabupaten/kota meningkatkan pengelolaan administrasi dan mengarsipkan semua dokumen sesuai peraturan yang berlaku. Terlebih lagi bagi KPU yang  melaksanakan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati  tahu 2020 lebih tertib lagi dalam mendokumentasikan semua kegiatan dan arsip-arsip selama pelaksanaan tahapan.

“Harapan kami, dengan teknologi saat ini, sangat membantu kita dalam proses pendomuntasian. Teknologi digital merupakan salah satu cara untuk mengarsipkan sehingga lebih mudah    yang harus kita pahami dan tingkatkan,” tegasnya, Rabu (30/10/202 )

Kegiatan ini berlangsung di Kantor KPU Jawa Timur, Jl. Tanggulangin Surabaya. (kpugres/achun/vet)

setor data jkt

 

Dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang, KPU Gresik diundang KPU RI dalam kegiatan Rapat Rekonsiliasi Data Hibah Pilkada Serentak 2020. Rapat diselenggarakan di hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta, pada tanggal 29-30 Oktober 2019. Kegiatan ini mengundang 9 Provinsi, 24 Kabupaten , dan 37 Kota sesuai dengan daerah yang melaksanakan pilkada serentak tahun 2020.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekjen KPU RI, Arief Rahman Hakim. Dalam kegiatan tersebut ikut mengundang Sekretaris, bendahara, beserta operator keuangan dari masing-masing satker di KPU di seluruh Indonesia. Kasubag Program dan Data, Gelar Pratama, bersama Suyanto mewakili Sekretaris KPU Kabupaten Gresik yang berhalangan hadir.

Acara rapat rekonsiliasi ini diisi dengan kegiatan rekonsiliasi data antara satker di daerah dengan KPU RI sehingga tidak ada narasumber. Satker di tiap-tiap daerah diminta menyetor data terkait anggaran hibah pilkada. Selain itu ada juga pengenalan aplikasi Siramah yang berisi tentang realisasi anggaran dan monitoring hibah.  (kpugres/amel)