SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia secara resmi telah menetapkan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2019, Minggu (30/07/2019). Penetapan yang diselenggarakan di Ruang Utama KPU RI tersebut dihadiri oleh Bawaslu, DKPP, Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, dan perwakilan seluruh partai politik pendukung serta jajaran TNI/POLRI. Adanya keputusan ini menandakan bahwa Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pada periode 2019-2024.

Ketua KPU RI Arief Budiman yang memimpin jalannya Rapat Pleno Terbuka mengatakan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh 85.607.362 suara (55,5 persen) mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno yang memperoleh suara 68.650.239 suara (44,5 persen). “Memutuskan, menetapkan keputusan KPU tentang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2019. Kesatu menetapkan capres cawapres terpilih dalam Pemilu Presiden 2019 Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024,” ujar Arief.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai Presiden terpilih Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada KPU dan seluruh elemen penyelenggara yang telah suskses melaksanakan Pemilu 2019. Ia juga berterima kasih kepada rakyat yang telah memberinya kepercayaan untuk memimpin pada periode kedua dan berjanji akan berdedikasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa. “Saya dan calon wakil presiden Ma’ruf Amin juga mengucapkan terimakasih kepada rakyat yang memberikan kepercayaan melanjutkan tugas, (dan) mendedikasikan diri untuk mencapai cita-cita para pendiri bangsa,” tutur Jokowi. (kpugres/mun)

 

Jelang penetapan perolehan jumlah kursi legislatif Kabupaten Gresik , 29/6/19 di Hotel Home Primere GKB, KPU Gresik Sosialisasikan Metode penghitungan Kursi Legislatif hasil pemilu 2019 pada peserta pemilu.

Di hadapan pimpinan partai politik yang hadir, Ahmad Roni Ketua KPU Kabupaten Gresik menjelaskan perbedaan konversi suara pemilu 2014 dengan pemilu 2019.  Dimana pada pemilu 2019 ini KPU menggunakan system saint lague. Dalam penjelasannya, Roni mensimulasikan bagaimana system saint lague itu di operasionalkan menggnakan cotoh perolehan sauara pemilu tahun 2019 ini.

Sementara itu, Syafi' Jamhari Divisi Pengawasan Bawaslu Gresik mengapresiasi kinerja KPU Gresik atas penyelenggaran pemilu yang berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Ini juga karena di gresik ubungan antara penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu serta peserta pemilu terjalin komunikasi yang baik. Semoga ini menjadi modal awal kita untuk menyongsong tahapan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tan 2020 yang akan datang.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja KPU Gresik yang telah menyelenggarakan pemilu dengan baik, lancar, aman dan kondusif" terang syafi’. (kpugres/mun)

MK Putuskan Tolak Gugatan Prabowo Sandi

By Admin on Jun 27, 2019 with 0 Commnets

Tepat pada pukul 21:16 wib hari kamis (27/06/19) mahkamah konstitusi (MK) telah memutuskan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya dari pihak pasangan nomer urut 02 prabowo-sandi.

Dengan demikian seluruh pihak harus menerima keputusan gugatan tersebut karena keputusan bersifat final dan mengikat. Baik untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 01 ataupun pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02.

Keputusan dibacakan langsung oleh ketua mahkamah konstitusi sekaligus merangkap sebagai anggota hakim konstitusi yaitu anwar usman dan dihadiri oleh 8 anggota hakim lainnya.

Sidang terbuka untuk umum dan di putuskan melalui permusyawaratan hakim oleh sembilan hakim konstitusi.

Menurut ketua KPU kabupaten Gresik Ahmad Roni mengatakan “semoga dengan adanya putusan MK ini seluruh pihak bisa menerima dan tidak ada yang merasa dirugikan atau dikalahkan. Sebab yang dimenangkan adalah rakyat seluruhnya,” Ujarnya dalam keterangannya ketika dihubungi lewat telpon.(kpugres/mun)

 

 

Pencairan dana santunan penyelenggara Pemilu yang meninggal dalam menjalankan tugas penyelenggaraan Pemilu 2019 di Gresik, tinggal menunggu keputusan KPU RI. Hal ini setelah seluruh dokumen administrasi dikirim langsung  oleh KPU Kabupaten Gresik ke KPU RI.

Dokumen yang diserahkan meliputi identitas korban, mulai Foto copy KTP, KK, serta surat keterangan resmi dari tim medis. Selain itu dokumen juga meliputi calon penerima santunan yakni ahli waris berikut buku rekening calon penerima.

 

“Setelah melalui verifikasi administrasi saat rakor di Jember, dokumen langsung kita kirim ke KPU RI. Dokumen selain korban meninggal juga untuk korban sakit berat dan sedang,” Ungkap makmun, komisioner KPU Gresik, Rabu (26/06/2019).

Lebih lanjut makmun memaparkan, di Grresik penyelenggara meninggal ada 2 orang, sakit berat ada 8 orang, dan sakit sedang ada 17 orang, sehingga total berkas yang kami kirimkan ke Jakarta ada 27 berkas. Semoga KPU Ri segera merealisasikan santunan tersebut. Pungkas Makmun.

Namanya Kholyatul Mundznibah, Ia adalah anggota KPU Kabupaten Gresik yang baru periode (2019 – 2024)  . Perempuan yang berkarir menjadi guru SMP ini sebelumnya adalah anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Wringinanom. Keberanian, ketegasan dan integritasnya cukup sebagai bekal menjadi anggota KPU Gresik.

Mbak Kholya, begitu sapaan akrabnya, memilih Hukum dan Pengawasan menjadi Divisi yang digawanginya menggantikan anggota KPU terdahulu. “Karena masing-masing anggota KPU incumbent sudah memilih divisinya dan divisi itu sudah melekat sejak periode sebelumnya, saya pilih hukum dan pengawasan, “ ujar Kholya Jumat (14/6)

Baginya, Divisi Hukum dan Pengawasan yang dipimpinnya ini bukan hal yang baru. Ketika di Panwascam Wringinanom sebelumnya, ia juga mengomandani Divisi Hukum dan Penindakan. Sehingga cenderung klop dengan pengalaman yang sudah didapat selama ini.

Kholya yakin, dengan pengalaman dan wawasan yang sudah didapatkan selama ini, siap melengkapi divisi yang ada di KPU Gresik. Ia juga siap bekerjasama dengan anggota KPU yang lain dan sekretariatnya.   

“Syukurlah, ada anggota KPU perempuan lagi. Sehingga afirmasi 30 prosen keterwakilan perempuan sudah terpenuhi. Dan saya yakin ada warna dan nuansa berbeda dengan dengan periode terdahulu. Perbedaan itu semoga membawa KPU ke arah yang lebih baik lagi,” kata Elvita, anggota KPU perempuan yang lain.  (vet/kpugres)