SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                              SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK                                                         SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KPU KABUPATEN GRESIK 

 

rapat logistikSalah satu pendukung suksesnya Pemilu adalah tata kelola logistik yang optimal. Diawali dari perencanaan pengadaan logistik hingga pengamanan pasca pelaksanaan. Pengamanan logistik dilakukan sejak berada di gudang penyimpanan, distribusi saat pelaksanaan pemungutan suara hingga pengembalian ke gudang KPU. Dalam pengamanan ini, dukungan dari kepolisian dan TNI mutlak dibutuhkan. Untuk itu KPU mengundang mereka untuk kordinasi dan konsolidasi. 

 “Keberadaan kepolisian dan TNI dalam pengamanan logistik pemilu mutlak dibutuhkan, sehingga perlu kiranya kita berkordinasi sejak awal,” ujar ketua KPU Gresik, Ahmad Roni mengawali agenda Rapat Kordinasi, Jumat (28/12/2018) di RM Handayani Gresik.

Roni memaparkan tata kelola logistik yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan di KPU Gresik. Termasuk barang-barang logistik perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan pendukung yang sudah berada di gudang.

“Gudang KPU Gresik ada 3, yaitu berada di kantor KPU Gresik dan dua lainnya berada di luar KPU. Semua sudah terisi logistik perlengkapan pemungutan suara dan pendukung perlengkapan yang akan digunakan pada hari H,” tambah Roni.

Menanggapi itu, Kabagops Polres Gresik menyatakan dukungan penuh dalam hal pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019. Apalagi Pemilu kali ini lebih kompleks karena jenis pemilihannya lebih banyak.

“Polres Gresik beserta jajaran akan mengoperasionalkan petugas sekitar dua pertiga prosen dari jumlah total polisi di Gresik. Kami menyadari yang akan kami amankan lebih banyak tetapi jumlah polisinya tidak bertambah. Namun kami tetap berkomitmen untuk mengoptimalkan pengamanan agar pemilu berjalan lancar dan sukses,” ujar Kompol Harna.

Hal serupa juga dikatakan wakil dari Kodim 0817 Gresik. Melalui Pasi Intel Kodim 0817. Pihaknya akan sepenuhnya mengamankan Pemilu dari segala gangguan. Termasuk dalam pengamanan logistik yang akan dipergunkan pada saat pemungutan suara.

“Kami sebagai aparat negara tetap membackup sepenuhnya pengamanan di KPU termasuk terkait logistiknya. Kemudian dalam pelaksanaan Pemilu TNI tetap berkomitmen netral,” tegas Lettu CBA Moch Ridhon, PASI Intel Kodim 0817 Gresik (kpugres/vet)

ki jatimTahun ini, KPU Kabupaten Gresik mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Jawa Timur, yang dikemas dalam agenda tahunan PPID Award 2018, Selasa (11/12/2018). Kategori yang diberikan adalah Terbuka. 

Menurut Ketty Tri Setyorini, Ketua KI Jatim, pemberian apresiasi atau penghargaan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID yang serius sungguh-sungguh menerapkan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

“PPID Award tahun ini merupakan acara ke-7 sejak Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur berdiri pada tahun 2010 lalu. Dalam dua tahun terakhir, KI Jatim juga melibatkan PPID Pemerintahan Desa dan PPID Penyelenggara Pemilu,” ujarnya.

Ketty mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, agenda tahunan PPID Award diawali dengan serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) kinerja PPID Badan Publik tingkat OPD Provinsi Jawa Timur, Kabupaten/Kota, pemerintahan desa dan KPU se-Jawa Timur.

“Monev PPID itu dilakukan agar Badan Publik terus berbenah dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik. Monev PPID yang dilakukan oleh Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur ini, dilakukan sejak bulan September hingga akhir Nopember,” tambahnya.

Penilaian yang lain, ketersediaan informasi di website serta meja layanan informasi. Penilaian itu dilakukan terhadap PPID di 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur dan seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Pemerintahan Desa yang diusulkan oleh Kabupaten, serta KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni menyatakan, bersama keluarga besar KPU Gresik akan terus berbenah dan meningkatkan keterbukaan informasi kepada masyarakat. “KPU mempunyai motto melayani masyarakat, sehingga apapun yang kami kerjakan untuk masyarakat termasuk transparansi dan keterbukaan terkait kebijakan dan  kinerja KPU,” tegas Roni.

Acara penganugerahan ini digelar di salah satu rumah makan di Surabaya dan dihadiri oleh pejabat dari pemerintahan Propinsi Jawa Timur dan Kab/Kota se-Jawa Timur serta komisioner KPU se-Jawa Timur. (kpugres/vet)