KPU Provinsi Jawa Timur meyelenggarakan Bimtek kehumasan, media center dan layanan informasi Pilgub Jatim  2018. Bertempat di Ijen View Hotel & Resort Bondowoso pada Senin (4-5 November 2017), agenda Divisi SDM dan Parmas ini mengandung seluruh Satker KPU Kabupaten / Kota Se-Jawa Timur.Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito dalam sambutannya bangun kemampuan seluruh satker KPU Kabupaten / Kota dalam pengelolaan sistem kehumasan. "KPU telah siap melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota. Konsekuensi dari apa yang telah kita deklarasikan adalah kita harus secara maksimal dalam memberikan informasi kepada masyarakat yang menjadi bagian tanggungjawab kita dalam transparansi dan akuntabilitas. Semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan agenda ini", tegas Eko Sas.

Diharapkan melalui Bimbingan Teknis seperti ini Komisioner Divisi SDM dan Parmas dan pengelolaan website di KPU Kabupaten / Kota dapat lebih mengembangkan program kehumasan, pembuatan artikel, esai atau materi pemberitaan dapat lebih baik sehingga benar-benar memberikan edukasi kepada masyarakat secara luas. (kpugres/mun)

 

Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Gresik diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kabupaten Gresik Achmad Roni.  Total anggota PPS di Kabupaten Gresik sejumlah 1068 orang. Tetapi yang diambil sumpahnya secara bersamaan hanya di wilayah daratan.  Sedangkan PPS yang berada di Pulau Bawean didelegasikan untuk dilantik oleh PPK setempat, Kamis (30/11/2017).

Penandatanganan Pelantikan ini diwakili oleh 2 orang PPS dari Kecamatan Gresik dan Kecamatan Kebomas. Selanjutnya mereka juga membacakan Pakta integritas.  Isinya, sumpah dan janji mereka dalam  pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Diantaranya harus menjaga integritas, Transparansi dan menjaga netralitas terhadap Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018.

Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni mengingatkan bahwa sumpah yang diambil angggota PPK  ini mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 serta kesejahteraan rakyat Indonesia. Terpenting lagi  adalah tanggung jawab kepada Allah SWT karena manusia hanya mengetahui apa yang nampak dari ucapan dan perbuatan saja. Tetapi Allah tahu hingga relung hati manusia.

“Mulai hari ini anda resmi menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Gresik, “Kami yakin bahwa saudara adalah yang terbaik, sehingga mampu dalam melakanakan tahapan pemilihan. Ingat, dalam pakta integritas yang anda uicapkan.  “ ujar Roni setelah pelantikan. 

Sedangkan masa tugas anggota PPS adalah sejak pelantikannya sampai dua bulan setelah pelaksanan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Tahun 2018.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Jalan Jagung Suprapto ini disaksikan juga oleh Perwakilan dari Kepolisan. Perwakilan dari Kodim 0817, Kepala Kantor Kesbang Linmas serta Ketua PPK se-Kabupaten Gresik (kpugres/vet)

 

DKPP Tekan Angka Sanksi Pecat

By Admin on Aug 30, 2017 with 0 Commnets

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2017 – 2022 akan memperbaiki kinerja yang selama ini sudah relatif bagus. Salah satu parameter yang akan dibuat agar lebih baik daripada sebelum-sebelumnya dengan menekan jumlah penyelenggara pemilu yang mendapat sanksi diberhentikan dari tugasnya. Hal ini dikatakan Muhammad, salah satu anggota DKPP yang baru, ketika memberikan paparan dalam rapat Kordinasi Bawaslu dan KPU Propinsi Jawa Timur, serta Panwas dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Hotel Halogen Surabaya, 29 – 30 Agustus 2017.

 

KPU Kota Jambi Kunjungi RPP Raden Paku

By Admin on Aug 29, 2017 with 0 Commnets

Serasa tidak ingin menyia-nyiakan waktu, Anggota KPU Kota Jambi ingin melihat Rumah Pintar Pemilu (RPP) Raden Paku kepunyaan KPU Gresik. Diskusi mengalir ketika mereka melihat-lihat dari dekat isi RPP Raden Paku. Kota Jambi sendiri juga membuat RPP karena mendapatkan dana untuk pembuatan RPP.

 

Sebagian bilang kalau keadilan itu tingkatannya lebih tinggi dari hukum. Jika orang sudah mendapatkan keadilan maka tidak ada yang dirugikan, namun bila hanya sekedar hukum maka masih ada yang dirugikan. Pernyataan ini diutarakan Sri Sugeng Pujiatmoko saat rakor Bawaslu dengan KPU beserta jajarannya di Sidoarjo (29 – 30 Agustus 2017)

 

KPU Kota Jambi Studi Banding ke Gresik

By Admin on Aug 29, 2017 with 0 Commnets

KPU Gresik menerima kunjungan kerja dari anggota KPU Kota Jambi. Mereka berlima berkunjung dalam rangka ingin studi banding terkait kinerja yang sudah dilakukan oleh KPU Gresik.  Diantaranya ingin mengetahui mekanisme dalam membuat keputusan, penanganan problem hukum saat Pemilihan Bupati/Wakil Bupati tahun 2015 lalu hingga dalam penanganan logistik dan masih banyak lagi.

 

Ruangan RPP Dikembangkan

By Admin on Aug 29, 2017 with 0 Commnets

Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dimiliki KPU Gresik terasa kurang optimal. Dengan memaksimalkan ruangan yang ada tentu sangat sulit berharap ruangan yang representatif. Sebab nyaris semua ruang di kantor sekretariat KPU Gresik sudah terpakai. Salah satu cara, dengan menggunakan ruang yang sebelumnya dimanfaatkan untuk menyimpan bilik dan kotak suara. Alhasil ada sebagian yang masih disekat untuk penyimpanan bilik dan kotak suara.

 

Bekerja dan berkarya di ranah publik memang tidak semudah bekerja di perusahaan sendiri. Apalagi banyak aturan yang harus ditaati. Begitu juga bekerja di instansi KPU, agar tidak boring dan sesuai target, ada tips 4 AS. Hal ini dikatakan Elvita Yuliati, anggota KPU Gresik saat menjadi pembina apel di lingkungan KPU Gresik, Senin (21/08/2017).

 

 

Mengetahui metode dan cara menghitung konversi suara memang dibutuhkan oleh partai politik, karena metode penghitungan suara merupakan variabel utama dari sistem pemilu yang bertugas untuk mengkonversi suara menjadi kursi.