Verifikasi faktual (Verfak) kepengurusan, keterwakilan perempuan dan domisili kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah partai kedua dari KPU Gresik dalam jadwal Verifikasi parpol.

psiTim verifikator langsung menuju alamat domisili seperti yang tertera dalam berkas dari partai baru ini. Domisili kantor sekretariat beralamat di Perum Taman Anggrek Blok H-03 RT. 002 RW. 010 Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas.

Tim Verfak dari KPU Gresik yaitu 3 komisoner, Ahmad Roni, Chairuz Zimam dan Elvita Yuliati. Juga ikut dalam tim, sekretaris KPU Gresik Ahmad Fahruddin dan stafnya. Kali ini dari kepolisian juga ikut memantau kegiatan tersebut.

Pelaksanaan verifikasi sekitar dua jam yang diawali dengan pembukaan dan maksud kedatangan oleh ketua KPU Gresik, Ahmad Roni. Kemudian sambutan oleh tuan rumah, ketua DPD PSI Gresik,  Muhammad Farizal Rizki.

Hadir saat Verfak  Sekretaris PSI Gresik Hendra Irawan dan Bendahara Wulan Maulinda. Setelah dilaksanakan penelitian berkas dan tanya jawab, agenda verfak diakhiri dengan foto bersama untuk dokumentasi. (kpugres/vet)

 

Tahapan Penyelenggaraan Pilgub Jawa Timur 2018 memasuki agenda pengolahan data serta pemutakhiran data dan daftar pemilih. KPU Kabupaten Gresik juga menyiapkan sumber daya manusia di tingkat kecamatan. Diantaranya dengan membekali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan pada hari sabtu, (23/12/2017). pemilih 5

Para peserta dari PPK se-Kabupaten Gresik minus dari Pulau Bawean yang terdiri ketua PPK, Divisi Program dan Data, serta 1 staf sekretariat PPK.

Akhmad Roni, Ketua KPU Gresik dalam pembukaannya menyampaikan jika tahapan pemutakhiran daftar ini merupakan tahapan yang paling panjang dalam pemilu. Sehingga  setiap petugas diharapkan dapat bekerja secara optimal dan cermat.

“Mengingat tahapan ini sangat mempengaruhi instrument yang lain, kami berharap para petugas bekerja seteliti dan sedetil mungkin. Karena pekerjaan ini juga menyangkut penyiapan jumlah TPS, jumlah surat suara dan yang lainya,” ujar Roni

Ia menekankan bahwa hak suara warga jangan sampai hilang hanya karena kelalaian petugas. Harapannya, pada Pilgub 2018 tidak ada lagi kejadian adanya warga yang mempunyai hak pilih, tetapi tidak terdaftar dalam DPT, maupun sebaliknya ada warga yang terdata ganda.

pemilihMateri Bimtek Pemutakhiran Daftar Pemilih tersebut, disampaikan oleh Abdullah Sidiq Notonegoro selaku anggota KPU Gresik Divisi Program Data. Ia menyampaikan bahwa daftar pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemilihan/pemilu

“Baik dan buruknya daftar pemilih akan mempengaruhi baik buruknya kualitas penyelenggaraan dan kualitas hasil pemilu. Jika daftar pemilihnya tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu akan tidak baik. Sebaliknya dengan daftar pemilih yang berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik, “ tegas Sidik.

Untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas akan dibentuk Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) di setiap TPS 1 Orang yang nantinya akan dibimbing terlebih dahulu sebelum bertugas ke lapangan. (kpugres/mun/v)

 

Verfak Kepengurusan Partai Perindo

By Admin on Dec 21, 2017 with 0 Commnets

KPU Gresik melaksanakan verifikasi faktual (Verfak) kepengurusan, keterwakilan perempuan dan domisili kantor Partai Persatuan Indonesia (Perindo) pada hari kamis (21/12/2017).  Domisili partai baru ini di Jalan Raya Abar-Abir RT. 001 RW. 001 Desa Abar-Abir Kecamatan Bungah Gresik.

perindoKegiatan yang berlangsung santai namun serius dan penuh kekeluargaan ini dihadiri oleh semua pengurus inti partai di kantornya. Mulai dari Ketua, Abdur Rohman, Sekretaris Ahmad Syaifudn dan bendahara Jazilatul Maftukhah.

Tim ferivikator KPU Gresik,  4 komisioner yaitu Ahmad Roni, Chairus Zimam, Elvita Yuliati dan Makmun. Didampingi juga oleh Sekretaris KPU Gresik, Ahmad Fahruddin dan Staf hukum Titin. Sementara wakil dari Panwas Kabupaten  Gresik ada 2 orang.

Acara berlangsung lancar, dengan agenda pembukaan, sambutan dari tuan rumah, penelitian berkas dan tanya jawab dialog (kpugres/vet)

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik kebut koordinasi internal menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur JawaTimur 2018 mendatang. Salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat. Kegiatan yang digelar Rabu (20/12) kemarin dimulai jam 09.00 WIB diikut ioleh ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPK Divisi Parmas, serta sekretariat PPK se-Kabupaten Gresik.

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik kebut koordinasi internal menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur JawaTimur 2018 mendatang. Salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat. Kegiatan yang digelar Rabu (20/12/2017) ini, diikuti  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang terdiri dari Ketua, Divisi Parmas, serta sekretariat PPK se-Kabupaten Gresik.

bimtek kehumasan (7)_1Bimtek yang gelar di Hotel Pesonna Gresik ini dibuka langsung oleh Elvita Yuliati, Komisioner KPU Gresik Divisi Keuangan Logistik, Umum dan Logistik serta pemateri dari anggota KPU Gresik Divisi SDM dan Parmas, Makmun

Beberapa materi yang disampaikan oleh Makmun terkait upaya pemenuhan target partisipasi pada Pilgub Jatim 2018 dan materi terkait kehumasan. Beberapa langkah akan dilakukan KPU Gresik dan jajaran dibawahnya, diantaranya dengan sarana media sosial (medsos)

“Target yang telah ditetapkan oleh KPU Jatim yaitu 77, 50 % dari total DPT. Maka KPU Gresik berinisiatif untuk menggunakan media sosial  sebagai alat untuk pemenuhan target tersebut,” ujar Makmun.

Menurut Makmun, era sekarang ini adalah jamannya medsos. Pengguna aktif Facebook di Kabupaten Gresik total 600 ribu-700 ribu dan rata-rata sudah di usia pemilih yakni 17 tahun ke atas. Total yang mengikuti dan menyukai fanspage (halaman) Facebook KPU sekarang sudah mencapai 945 orang.

 

“Target kita, sampai bulan Juni 2018 ada sekitar 300 ribu orang akan menyukai dan mengikuti fanspage KPU Kabupaten Gresik,” tambah Makmun.

Makmun berharap agar seluruh PPK dapat memaksimalkan kerja di halaman Fanspage KPU Gresik agar informasi tersampaikan dan target KPU Gresik juga tercapai. (kpugres/mun/v)

 

Hari pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tinggal menunggu beberapa bulan lagi. Tepatnya pada tanggal 27 Juni 2018, warga Jawa Timur akan kembali memilih pemimpinnya.

DSC_1187Bertempat di Hotel Pesonna Jl. Panglima Sudirman Gresik, 20 Desember 2017 dengan mengundang ketua PPK dan Divisi SDM KPU membekali materi-materi kehumasan dan sosialisasi. Bimtek ini merupakan amanah PKPU 08 tahun 2017 tentang Sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat. Sosialisasi merupakan penyampaian seluruh tahapan program penyelenggaraan pemilihan. Pendidikan pemilih adalah proses penyampaian informasi kepada pemilih guna meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat adalah keterlibatan perseorangan atau kelompok masyarakat dalam penyelenggaran pemilu. Ujar makmun, Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Gresik.

Bimtek yang dipandu oleh Divisi SDM dan PARMAS ini, bertujuan demi tercapainya target partisipasi masyarakat nanti mencapai 77,5%. (kpugres/mun)

 

Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) adalah hal yang strategis karena menyangkut nasib partai politik dan para pelaku di dalamnya. Dapil merupakan arena pertarungan saat para calon legislatif untuk mendapatkan suara terbanyaknya. Sehingga KPU memandang penting dalam penataan dan penyusunan dapil serta alokasi kursi di Dewan.

penataan dapil (6)Hal ini disampaikan Ahmad Roni, ketua KPU Kabupaten Gresik sekaligus Divisi Teknis saat memberikan pengantar pada acara Penyusunan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi serta Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Anggota DPRD Gresik pada Pemilu 2019, di Hotel Pesonna Gresik, Selasa (19/12/2017)

“Kami sudah mengawali pertemuan dengan partai politik dan fraksi serta stake holder terkait penataan Dapil ini sebelumnya. Ini adalah pertemuan kedua, nanti kita akan jadwalkan pertemuan-pertemuan berikutnya,” ujar Roni.

Dari hasil pertemuan dan simulasi nantinya akan diajukan usulan Dapil oleh KPU Kabupaten/Kota. Selanjutnya  ada uji publik sebelum penyerahan pengajuan ke KPU RI lewat KPU Propinsi.  KPU RI dalam memutuskan Dapil ada agenda untuk berkonsultasi dengan DPR RI. Selanjutnya akan mengerucut pada keputusan Dapil di Kabupaten Gresik. Apakah tetap menggunakan jumlah dapil sebelumnya, atau ada penataan baru ataukah juga ada pergeseran jumlah kursi ke dapil lain.

Prinsip pembentukan dapil dengan memperhatikan prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan, wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

 “Dari hasil pertemuan-pertemuan dengan partai, stake holder masyarakat, KPU Kabupaten/kota menyampaikan usulan kepada KPU RI. Penetapan ada di tangan KPU RI setelah bertemu dengan DPR RI,” tambah Roni (kpugres/vet) 

 

 

Minggu, 17/12/17 Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Gresik menyelenggarakan jalan sehat dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 di Alon-alon Sidayu Gresik.
 
 jalan sehat 2017Jalan sehat yang dihadiri oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Gresik, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panwas wilayah utara, Muspika Kecamatan Sidayu Gresik, pemilih pemula dan Simpatisan partai politik di wilayah Kabupaten Gresik.
 
Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Gresik menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018. "Jalan sehat ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim yang diselenggarakan pada 28 juni 2018, maka mari bersama-sama sukseskan jalan sehat ini", tegasnya.
 
Sementara itu Divisi SDM dan PARMAS, Makmun mengatakan, "Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi kepada memasyarakat umun, dengan mengundang dangdut orkes agar masyarakat kita senang dengan pemilihan ini", terangnya. 
 
Kegiatan yang diakhiri dengan pembagian hadiah-hadiah menarik dan sejumlah doorprize ini tentunya terselip harapan agar partisipasi Pemilih pada Pilgub Jatim 2018 bertambah, "Kami sangat berharap dengan kegiatan ini agar tingkat partisipasi masyarakat meningkat,  target kita adalah 77,5%", tambahnya. (kpugres/mun)

 

Ribuan peserta Jalan Sehat Gerakan Sadar Pilkada Serentak Tahun 2018, berasal dari kader partai politik, penyelenggara pemilihan dan masyarakat. Mereka membanjiri Alun-alun Sidayu Minggu, (17/12). Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, Warga Gresik tahu dan paham jika pada tanggal 27 Juni 2018 ada pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018.

jalan sehaternyataan itu disampaikan  Akhmad Roni, Ketua KPU Gresik sebelum memberangkatkan peserta Jalan Sehat.  Ia mengingatkan kembali agar masyarakat tidak lupa untuk berduyun-duyun ke TPS pada tanggal 27 Juni 2018.

“Jangan lupa nanti tanggal 27 Juni 2018, bagi masyarakat yang namanya sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau yang sudah memenuhi syarat mempunyai hak suara, silahkan datang ke TPS setempat untuk memberikan suaranya,” jelas Roni. 

Jalan Sehat yang dilaksanakan kali kedua pada tahun ini, (sebelumnya tanggal 29/12/2017-Red) berlangsung lebih marak. Terlihat dari berbagai unsur memenuhi Alun-alun Sidayu bagian barat. Kostum penyelenggara yang berwarna hitam nyaris tidak terlihat, berbaur dengan warna-warni kaos partai dan kaos olah raga pelajar setempat.

“Jalan sehat sosialisasi ini diramaikan oleh dari kawan-kawan PPK se-Kabupaten Gresik minus Bawean, Panitia Pengawas dan para kader Partai Politik di Gresik. Dan yang lebih membanggakan para pelajar usia pemilih pemula dan masyarakat Gresik ikut menyemarakkan,” jeas Makmun, anggota KPU Gresik Divisi SDM dan Parmas.

Terik matahari tidak menyurutkan mereka untuk hengkang dari tempat duduknya di rerumputan sambil menikmati suara para penyanyi. Ratusan hadiah juga diundi secara bergantian diantaranya ada sepeda gunung, lemari es dan  mesin cuci. (kpugres/vet)